Sample Text

Life is like a ferris wheel. Sometimes growin up to the sky, sometimes fallin to the ground. But no matter what happened, its always interesting to be enjoyed. Because life is never ending adventure

Kamis, 30 Desember 2010

Download OST Lets and Go, Mojacko, Minky Momo, Ninja Boy Versi Indonesia

Kamis, 30 Desember 2010
ninja boy
Hari ini hari-hari ahir saya ada di jogja. Iseng-isenga saya browsing-browsing OST anime jaman dulu. Eh, ada! Beberapa bulan yang lalu saya juga sempat memosting link-link untuk mendownload ost anime yang pernah tayang di Indonesia jaman dulu. By the way, anime yang tayang di Indonesia jaman dulu rata-rata opening atau ending songnya sengaja didubbing pakai bahasa Indonesia. Mungkin biar anak-anak jadi lebih seneng liatnya. Nggak kayak anime jaman sekarang yang pakai lagu aslinya. Walaupun kadang kualitas lagu dubbingan lebih jelek dari aslinya, tapi lagu-lagu itu malah lebih diinget sama anak-anak bahkan sampai 10 atau 15 tahun kemudian. Beda kalau pakai bahasa aslinya, ngingetnya lebih susash, karena tahu artinya aja enggak.

Nah, di postingan yang lalu banyak komen yang complain kalau lelet dan nggak jelas. Kalau masalah lelet itu mungkin dari servernya (z*ddu) yang emang dari sononya agak lelet kalau bukan member. Sedang kualitas mp3 yang kremesek dan agak nggak jelas itu karena mp3nya memang berasal dari amr. Itu mungkin karena jaman dulu teknologi belum canggih kali ye..

Nah ini dia, saya dapat beberapa link dari 4shared yang lebih mudah dan nggak lelet ngunduhnya.. Selamat menikmati:)


1. Lets and Go.
yah, walaupun kualitasnya nggak begitu bagus, tapi lumayan lah. yang penting bisa untuk nostalgia:D

2. Mojacko
Its clear enough, haha. Saya yang udah lupa gimana lagunya mojacko jadi inget lagi

3. Minky Momo ending
kualutas mp3nya sama kayak OST lets and go di atas

4.Ninja Boy
yang ini bener2 keliatan kalau dari amr. kadang suaranya keras, kadang pelan. Kalau kurang puas, bisa cari mp3nya yang lain di 4shared

5. voltes
saya lupa ini filmnya yang mana, haha.. http://www.indowebster.com/OST_Anime_Indonesia.html
saya dapet ini link di salah satu forum, tapi ternyata setelah saya coba ternyata muncul tulisan "
"FILES INDOWEBSTER NOT FOUND "

6. backclaw.
blog itu menyediakan link-link untuk mendownload lagu-lagu anime jaman dulu. Antara lain: candy-candy, flame of recca, janperson, jiraiya, minky momo, yokoso yoko, power rangers, saint saiya, ksatria baja hitam RX. sayangnya ternyata link nya udah expired. T.T

7ninja boy. Ksatria baja hitam (indowebster)
-ksatria baja hitam berubah
-ksatria baja hitam ending
-ksatria baja hitam ending_1.
sayangnya waktu saya ngecek muncul tulisan "kami sedang melakukan perbaikan sever. Terima kasih atas kesabaranyya". Hadeh, what the h*ll
Klik untuk membaca lanjutannya

3 komentar

Jumat, 03 Desember 2010

Bluish (just an abstract story)

Jumat, 03 Desember 2010
Bintaro, 30 Oktober 2010


Dingin dan hening,
Satu menit tepat berlalu dari waktu tengah malam.
Entah ini malam atau pagi, aku tak bisa membedakannya, hanya ada dingin yang menggigit hingga ke tulang. Dingin yang sebelumnya belum pernah ku rasakan di tempat ini, belum. Tempat ini selalu gerah dan panas.

Ruang tengah, di tempat kami biasa berkumpul, masih ada sisa-sisa saus dan remah kue bawang. Sahabat setia kami dalam menikmati setiap lembar kain pembungkus mumi yang menguning, menikmati ekspresi monster-monster pharaoh dan piramid-piramid tua .
Ruang tengah masih menyala dan sesekali suara televisi masih terdengar. Entah siapa yang masih bertahan.

Dingin...
Dingin yang menusuk tulang..
Aku tidak tahu darimana rasa dingin ini berasal, apakah dari butiran uap di awan, dari gas pembuangan respirasi tumbuhan, subliman butiran partikel awan, ataukah dari hatiku yang membeku?
Rasa dingin ini tidak berasal dari tempat mana pun di dunia ini, tidak. Hanya satu dari sumber dingin yang memebkukan sumsum tulang ini, inside of my self

sumber cahaya api biru dalam hatiku mulai meredup, dan entah kapan akan padam.
Aku menjaganya dengan sepenuh hati,
Menutupinya agar api lain tidak masuk dan memakan api biruku,
Mempererat tirai yang menyelimutinya agar angin tak memadamkannya,
Tapi api itu hidup. Dan ia terus memberontak dalam genggamanku, ia ingin bebas dan bergerak,
Aku menyayangi apiku. Aku menyayanginya.
Apiku, sumber kehangatanku.
Dan ia ingin terbang bebas seperti elang. Akutahu ia tak akan mungkin bisa,
Hanya oksigen dari hatiku yang mempu membuatnya bertahan dan menyala.
Tapi ia ingin terbang, melintasi lautan katanya.
Ah biar saja.
Pergilah api biruku.
Pergilah jika kau memang ingin pergi.
Hush!
Klik untuk membaca lanjutannya

0 komentar

Jumat, 29 Oktober 2010

Bintaro

Jumat, 29 Oktober 2010
29 Oktober 2010
Bintaro,
Satu bulan lebih ragaku berada di ranahmu,
Namun alam pikirku akan selalu terbang dan melayang ke awang-awang,
Lebih tinggi lagi hingga lapisan troposfer dan ionosfer menipis,
Dan disana aku bisa melihat nya.
Kota kelahiran yang penuh dengan kenangan, harapan, dan asa.

Dan aku masih mengingat jelas;

lajur-lajur hitam yang tercetak jelas,
kadang lurus dan mulus,
kadang berkelok dan bergelombang.
Masih teringat jelas bangunan-bangunan yang menghiasi tepinya,
jalanan yang dulunya sepi dan asri kini mulai dipadati rumah dan ruko.
Sepuluh tahun ke depan,
akankah kau menjadi seperti tempatku sekarang?
Ku harap tidak. Aku cinta kesegaran dan keramahanmu.

Aku masih ingat derasnya aliran air yang membentang membatasi kalian berdua,
eloknya penyebrangan di pagi hari,
ataupun silaunya sang surya yang memancar jingga di kala senja.

Aku masih ingat sapaan pohon-pohon ketika aku melaju dengan acuh di pagi hari,
tatapan iri bulir-bulir padi ketika aku melesat,
juga derit roda wanita perkasa,
yang berangkat sebelum subuh dan pulang saat mentari telah pergi ke ribaannya.

Bahkan aku rindu lampu lalu lintas kala menyala merah.
Kala diburu waktu dan yang terdengar hanya sumpah serapah.

Aku bisa mengingat semuanya dengan jelas,
setiap sudut dan setiap titik.

Bintaro,
Bintaro,

Mungkin kau lebih megah dengan semua gedungmu yang kokoh dan menjulang tinggi
beton-beton yang bertumpuk tinggi,
menyongsong angin, berusaha mencakar langit
Mungkin kau lebih lengkap dengan mall-mallmu yang menjamur di setiap sudut
dengan outlet-outlet yang mngisinya dengan rasa sengit persaingan
Mungkin jalur hitammu lebih terorganisir dengan tol-tol panjang di sepanjang batas
dengan mobil-mobil mewah yang melaju memecah malam
dan taksi-taksi yang melaju terburu-buru,
entah apa yang memburu mereka

Bintaro,
Bintaro,
Maaf...

Mungkin aku belum sepenuhnya mencintaimu dengan segala kepenatanmu,
Mungkin aku belum bisa sepenuhnya mengagumi tanahmu,
tanah merah yang selalu menggenang setelah hujan reda
Mungkin aku juga belum bisa sepenuhnya menerima udaramu yang menyesakkan paru-paruku di malam hari
Mungkin aku juga belum bisabersahabat dengan pohon-pohonmu yang selalu acuh padaku,
yang enggan memberikan kerindangannya saat bola itu bersinar terlalu terik.

Mungkin suatu saat,
Mungkin esok,
Atau lusa,
Bulan depan, atau tahun depan,
Atau ketika aku tlah pergi jauh meninggalkanmu,
Ketika aku telah merantau jauh menyebrangi alut dan samudera,
Ketika aku tlah berada di pulau perantauan.
Mungkin kala itu aku akan rindu padamu
Mungkin kala itu aku akan mengingatmu dengan segala kepenatanmu,
Mungkin kala itu aku akan mulai mengenagmu dan mencintaimu
Mungkin,
Tapi tidak sebesar rasaku pada-nya.
Tidak...

Wake me up when December ends...

Klik untuk membaca lanjutannya

1 komentar

Kamis, 23 September 2010

Perjalanan dan Perjuangan (Realita Ujian Nasional)

Kamis, 23 September 2010
Sebuah akhir tak lengkap tanpa sebuah awal. Sebuah akhir tanpa awal seperti menemukan seseorang yang tiba-tiba saja telah dewasa tanpa pernah menjadi kanak-kanak, sangat aneh dan sulit dimengerti. Seperti juga ketika sampai pada sebuah akhir perjuangan, tak mungkin ada tanpa permulaan ketika perjuangan itu dimulai. Begitu juga dengan kelulusan Ujian Nasional, tak lengkap tanpa cerita tentang bagaimana kami memulainya, menjalaninya, dan bagaimana kami memperjuangkannya. Karena yang kita alami pada kehidupan ini pada dasarnya adalah perjuangan yang terdiri dari sebuah awal, perjalanan, dan sebuah akhir. Akhir akan menjadi awal suatu perjuangan yang baru. Begitulah takdir terus berputar bersama sang waktu.

Saat ini aku telah berada di Bandung untuk mempersiapkan studi lanjutku. Masih teringat jelas dalam memoriku, jalan yang harus ku tempuh untuk mencapai titik kemenangan sementara ini. Titik kemenangan dimana aku dapat lulus Ujian Nasional dan diterima di salah satu perguruan tinggi. Masih terbayang jelas di benakku, hari-hari yang kujalani pada tahun ke-tiga di almamaterku yang tercinta. Awal tahun, sebuah perjuangan untuk beradaptasi dengan kelas baru, teman baru, dan guru baru. Keberadaan sahabat dan teman-teman membuatku optimis dalam menghadapi beratnya tahun ke-tigaku ini. Aku dan teman-temanku harus belajar di sela-sela tugas yang menumpuk, menjalani bimbingan belajar sepulang sekolah yang terasa amat membosankan, try out yang memeras pikiran, dan pada akhirnya harus menghadapi ujian yang menentukan masa depan kami.

Terkadang terkelebat beberapa pertanyaan dalam benakku, untuk apa aku menjalani ujian ini? Bagaimana mungkin sebuah kelulusan dapat dinilai hanya dengan nilai enam mata pelajaran? Bukankah kita membutuhkan keterampilan untuk dapat betahan hidup, bukan nilai yang sempurna?... Tetapi pada akhirnya, aku sadar, bahwa untuk memperoleh sesuatu yang diinginkan, kita harus berjuang keras menghadapi rintangan. Ujian ini hanyalah sebuah titik awal untuk perjuangan masa depanku, dan impianku.

Sabtu pagi, 13 Juni 2009, adalah detik-detik mendebarkan dalam hidupku, juga teman-temanku. Detik-detik penentuan dalam hidup kami. Akankah perjuangan kami selama setahun ini memperoleh hasil yang gemilau? Ataukah kami gagal dan harus mengulang kembali satu tahun yang terasa amat berat ini?

Sorak-sorai gembira terdengar ketika hasil Ujian Nasional diumumkan. Kami berhasil mempertahankan tingkat kelulusan seratus persen! Kami berhasil melalui ujian ini! Syukur dan puji-pujian kepada Allah kami panjatkann seketika itu. Namun di balik sorak-sorai itu, hati kecilku bersedih dan nelangsa. Kemenangan ini terasa hambar. Kami semua memang berhasil lulus, tetapi aku yakin, si suatu sudut sana, ada seorang teman kami yang bersedih menatap gelak tawa kami. Dan aku tahu kepedihannya yang amat sangat karena walaupun ia siswi kelas dua belas (kelas tiga), ia tak dapat mengikuti Ujian Nasional tahun ini dan harus mengulang tahun depan.

Percakapan pertamaku dengannya adalah ketika kami sama-sama terlambat datang ke sekolah. Saat itu kami terpaksa duduk bersama di bangku paling depan dan mulai berbincang-bincang. Bukannya mendengarkan pelajaran, aku malah asik mendengarkan ceritanya dan tertarik untuk mengetahui kepribadiannya. Aku selalu memegang prinsip, bahwa di balik hal kurang menyenangkan yang terjadi padaku, akan selalu ada hal-hal manis setelah itu. Apa yang ditakdirkan Allah, itulah yang terbaik bagi kita. Dan itu memang benar. Walaupun hari itu aku terlambat dan harus meneriman nasehat panjang dari guru, aku dapat lebih mengenal sosok baru, aku dapat mengenal sosoknya yang periang dan lucu. Aku dapat merasakan arti penderitaandan perjuangan yang sesungguhnya.

Tuti, itulah namanya. Seorang gadis yang akhir-akhir ini menjadi bahan pembicaraan para guru dan siswa lain karena perubahan sikapnya yang drastis. Seorang siswi yang berkarakter banyak bicara, yang mengatakan apa saja yang ada di benaknya tanpa memikirkan reaksi orang-orang disekitarnya. Orang lain mengatakan dia tidak tahu malu. Tetapi menurutku, ia hanyalah seorang gadis periang dan lucu. Menurut cerita yang kudengar, dulunya ia adalah seorang gadis pemalu dan pendiam. Ia seperti kebanyakan gadis pendiam lainnya, berkacamata dan suka membaca. Ia cukup cerdas dan termasuk sepuluh besar di kelas. Tetapi kemudian, masalah-masalah remaja yang menimpanya telah mengusik karakternya yang lama. Sifat pemalu dan pendiamnya perlahan mulai terkikis dan tergantikan oleh sikap lain. Dia menjadi lebih sering berbicara dan membuat tingkah yang lucu. Lidah mungkin saja berdusta, namun mata tak pernah berbohong. Aku merasakan jiwanya dari pancaran matanya. Aku yakin, ia memaksakan diri menjadi gadis periang untuk membantunya agar tetap tegar. Di balik tawanya, ia menyimpan kepedihan yang tidak dirasakan orang lain.

Mungkin menurunkan rasa percaya diri yang terlalu tinggi hampir semudah membalikkan telapak tangan. Tetapi sukar untuk menaikkan semangat yang sudah terlanjur jatuh sesulit memindah gunung. Seiring dengan tes-tes uji coba yang kami jalani, semakin Tuti frustasi dan putus asa. Dari hari ke hari, bukannya meningkat naik, nilai-nilainya malah turun dengan drastis! Sesuatu yang amat ditakuti oleh kami, para siswa kelas XII yang sedang menanti ujian. Bukan hanya kecerdasan yang menentukan, tetapi juga faktor psikis. Jiwa, pikiran, dan fisik, adalah tiga hal yang berkait satu sama lain. Ikatan mereka bagaikan air, ikan, dan laut, tak mudah untuk diretakkan dan dipisahkan. Jika ada salah satu yang kurang beres, yang lain akan terpengaruh. Tak mudah untuk hidup dengan salah satu bagian yang tak sempurna. Seperti saat kita sakit, pikiran kita pun sulit untuk diajak berkompromi, seakan-akan ia ikut merasakan saudaranya yang menderita.

Perasaan Tuti seperti gadis-gadis yang lain, sangatlah sensitif. Masalah-masalah kecil yang dialami Tuti selalu dipikirkannya dalam-dalam. Sebagai salah satu orang yang dipercayainya, aku sering memberitahunya “Jangan kau pikirkan terlalu dalam masalah kecil seperti itu. Santai saja”. Ia memang mau mendengarkanku, namun perasaan tetaplah perasaan. Sulit untuk sedikit mengubah karakter dasar seorang wanita, yang memebuat wanita unik dan berbeda dari lelaki. Sedih rasanya mengetahui ia sering pusing karena memikirkan masalahnya.

“Aku pusing,” katanya suatu ketika.

“Cobalah untuk menyebut nama Allah dan mendekatkan diri kepada-Nya. Kau akan tenang,” jawabku menasehati. Aku memang selalu menyerahkan kepada Allah atas semua yang terjadi padaku. Rabb yang Maha Pengasih lah satu-satunya tumpuan hidupku. Semua yang ada di dunia ini akan selalu kembali kepadanya, begitu juga denganku. Aku hanyalah manusia kecil yang tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan kekuasaanNya yang begitu besar. Dan Tuti, seperti biasa, ia mau mendengarkan perkataanku. Memang benar, rasa sakitnya agak berkurang ketika menyebut nama Dzat penciptanya itu. Hatinya menjadi lebih tenang dan damai.

Bulan demi bulan berlalu, Ujian Nasional semakin dekat. Ada saat-saat dimana aku juga merasakan frustasi karena tekanan yang muncul dari dalam diriku sendiri. “Aku harus lulus!”. Dan itu tidak membuatku semakin optimis, malah menjatuhkan mentalku yang labil. Kegagalan demi kegagalan tak urung kualami. Aku pernah gagal lulus pada mata pelajaran Matematika dalam salah satu try out terakhir. Aku merasa seolah-olah seluruh dunia menyalahkanku. Pikiran-pikiran buruk mulai membayangiku. “Bagaimana mungkin aku tidak bisa mengerjakan soal semudah itu”, “Bagaimana jika aku menjadi satu-satunya orang yang tidak lulus?”. Susah rasanya untuk dapat tertawa lepas pada detik-detik menjelang ujian, aku merasakan kelunya lidah dan bibirku. Aku berusaha tertawa lepas, tapi yang ada hanya tawa palsu. Aku bukan seorang pengecut, tapi aku terlalu takut.

Tekanan-tekanan dari luar seolah membayangi jiwaku. Orang tua, guru, dan sekolah seolah-olah telah menjadi hantu yang membayangi hari-hari dan mimpi-mimpiku.
“Kalian harus lulus! Kalian tidak mau jika malu di kemudian hari bukan?!” aku membayangkan guruku mengatakannya dengan nada mengancam. Padahal hal itu tudak pernah terjadi.

“Galih, kamu harus lulus! Kami tidak mau menanggung malu jika kamu gagal!” kata ayahku. Kata-kata itu pernah membayangi kepalaku, bahkan aku bisa membayangkan bagaimana ekspresi dan raut wajah ayahku. Namun seperti yang sebelumnya, itu hanya imajinasiku saja. Tak pernah benar-benar terjadi.

“Kalian harus mempertahankan nama sekolah ini! Kalian harus lulus 100%. Sekolah ini sekolah favorit! Saya tidak mau jika salah satu dari kalian mencorang wajah sekolah ini Karena ketidaksanggupan kalian!”. Kalimat itu hanya khayalan, tak pernah ada.

Berbagai bayangan buruk menghantuiku. Dalam pikiranku, kata-kata yang sebenarnya diucapkan dengan lembut, menjadi keras dan menusuk hati. Kata-kata yang sebenarnya tidak pernah diucapkan, terasa seolah-seolah pernah diucapkan dengan sangat jelas. Itu hanya imajinasi, imajinasi yang buruk dan menyiksa. Bingung, putus asa, dan tertekan. Namun aku sadar, aku tidak sendirian. Banyak juga teman-temanku yang merasakannya. Kami semua sama, diliputi rasa was-was dan takut. Satu hal yang dapat membuat kami lebih tenag. Allah bersama kami….

Tuti merasakan hal yang sama sepertiku, seperti teman-teman yang lain. Pada detik-detik akhir menuju ujian, kondisi fisik dan jiwanya semakin menurun, ia terpaksa harus dirawat di rumah sakit. Pancaran matanya yang dulu hidup, kini mulai sayu, tubuhnya pun semakin kurus. Kadang, ia tak menyadari lagi apa kata-kata yang telah diucapkannya. Jiwanya kosong dan telah mealayang pergi entah kemana. Kemudian pihak sekolah menyarankannya untuk mengundurkan diri dari ujian dan mengulang lagi tahun depan. Aku merasa emosi dan marah, “Ini tidak adil!!”. Bukankah selama setahun ini dia telah berjuang bersama siswa lain? Bukankah jika diberi kesempatan ia pasti bisa mengerjakan soal-soal itu? Bukankah soal uji coba memang didesain lebih sukar? Saat itu aku marah dan kecewa, mencoba mengutuk dunia ini.

Namun aku sadar, itu perbuatan yang sia-sia. Bagaimanapun, itulah takdir yang akan kujalani. Kemarahan dan hati yang tidak tenang tak akan menyelesaiakan masalah. Aku pun memutuskan untuk menghibur Tuti, mencoba membuatnya segera sembuh sebelum ujian berlangsung dan tak lupa belajar agar aku dapat lulus dengan nilai baik. Namun, itu tidaklah semudah yang aku bayangkan.

Waktu bergulir dengan cepat. Meninggalkan jiwa-jiwa lemah yang tertatih-tatih mengejarnya. Tak lama kemudian ujian pun tiba, saat penentuan yang telah ditunggu-tunggu tetapi juga ditakuti. Kami, para siswa kelas dua belas, akan berjuang menempuh sebuah ujian kecil untuk menjemput masa depan kami. Keringan dingin, gugup, dan rasa takut, meliputi perasaan kami. “Akankah kami semua lulus?”. Tak ada yang dapat kami lakukan untuk mencegah ujian ini, yang dapat kami lakukan hanya pasrah dan berdoa. Kami hanya dapat memohon kepada Allah Yang Maha Kuasa agar ia memudahkan kami dalam mengerjakan soal-soal itu. Dan inilah akhirnya. Akhir dari perjuangan kami di kelas dua belas SMA ini. Kami semua, aku dan teman-temanku dapat lulus ujian, dan tentunya melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.Ke jenjang dimana awal dari perjuangan baru akan segera dimulai.

“Perih dan pedih” itulah yang dirasakan Tuti. Mungkin ia merasa kalah sebelum bertanding, ia merasa gagal sebelum mengerjakan tes. Mungkin ia merasa kalah sebelum bertempur. Tapi menurutku tidak! Ia juga seorang pemenang. Ia memenangkan pertempuran di dalam dirinya. Ia berhasil mengalahkan rasa takutnya dan memutuskan untuk berjuang tahun depan. Pasti sulit baginya untuk menghilangkan bayangan-bayangan buruk dari pikirannya. Tapi ia berhasil. Aku bangga padanya, ia gadis yang kuat. Aku juga sangat bersukur, banyak temanku yang peduli terhadapnya dan memberi dukungan. Aku ingin Tuti yakin dan merasa, bahwa ia bagian dari kami, ia tidak sendiri. Kami akan selalu ada untuknya.

Amat sulit menerima kenyataan bahwa kita gagal, sedang yang lain berhasil. Mungkin sebagain orang mengira bahwa mengahiri hidup adalah satu-satunya jalan keluar dari masalah. Tidak! Itu salah. Gagal ujian bukan berarti dunia berakhir. Bersikap ksatria seperti Tuti adalah salah satu jalan keluarnya. Ia mampu bertahan. Ia sanggup untuk mengulang sekali lagi, perjuangannya yang belum usai. Masa depan baru masih tersembunyi di balik awan, menunggu seseorang yang berusaha untuk menyingkapnya. Dunia baru yang lebih manis akan menunggu orang-orang yang mampu bertahan dan berusaha. Takdir adalah misteri. Percayalah, bahwa apa yang ditakdirkan Allah adalah yang terbaik untuk kita. Percayalah, bahwa dibalik musibah yang terjadi, akan ada hal-hal manis yang menungu. Setelah akhir semu yang gagal, akan selalu ada awal perjuangan baru.

Dan pada akhirnya, aku menceritakan kisah ini pada seorang adik yang aku percaya. Seorang adik yang aku harap, dapat mengerti kisah ini dan dapat menjadi sahabat baru bagi Tuti. Seorang adik yang kuharap dapat menumbuhkan harapan dan rasa percaya diri baru di dalam jiwa Tuti. Karena aku yakin, di tangannya cerita ini akan menjadi lebih dari pada sebuah kisah. Aku yakin, kisah ini tak hanya akan memberi pelajaran, tetapi juga harapan baru bagi orang lain yang membacanya.

source:
essay untuk lomba Essayala Chicken Soup "Dunia Belum Berakhir" di Edu Muslim
Klik untuk membaca lanjutannya

0 komentar

Sabtu, 17 Juli 2010

Holocomn Syndrom

Sabtu, 17 Juli 2010
Akhir-akhir ini saya merasa menjadi a big looser. Apakah karena gagal ujian PTN? Bukan. Saya memang tidak lolos SNMPTN *karena saya memang tidak ikut*. Apakah karena saya gagal dapat PTN? No. Saya dapat 2 PTN dan 1 PTS. So, apakah sebenarnya yang membuat perasaan "tidak mengenakan" ini?

Setelah ditelaah dari berbagai sisi, sepertinya saya mengalami holocomn syndrom. Saya juga tidak tahu maksudnya apa, yang jelas jika terkena sindrom ini, Anda akan merasa menjadi seorang big looser.

Well, setelah saya menyelami lautan hati, saya menemukan troublenya.

-saya rindu Arai *warning, ini hanya perumpamaan*. Saya merasa selama setahun d kelas 3 ini saya tidak menemukan sosok-sosok Arai lagi. Padahal di masa-masa sebelumnya, saya selalu mendapatkan mereka. The best part in my life. And i will neva forget them, we will togetha foreva.
Ah, itulah mengapa tahun ke tiga ini terasa hampa. Mungkin gara2 buku-buku dan ujian itu

-saya tidak boleh merantau (tidak boleh masuk universitas zzz dan terpaksa harus masuk universitas yyy).
Saya cinta zzz, sejak pendengaran pertama, sejak kelas xi. Saya cinta! Saking cintanya, tidak ada universitas lain yang bisa menarik hati saya (kecuali ikatan dinas). Dan yeah, karena alasan faktor lokasi, biaya, dan tetek bengek lain, ortu menyuruh saya masuk yyy saja. Padahal, secara kualitas, zzz juauh di atas yyy. Dan saya sudah familiar dengan calon teman-teman di zzz daripada di yyy. Saya merasa asing dengan yyy, padahal itu di kota saya. Ah~ sepertinya saya harus belajar mencintai yyy

-saya lebih suka fisika dibanding matematika. Fisika luas. Walaupun terkadang membingungkan dan membuat kepala seperti benang ruwet, fisika selalu mempunyai rahasia-rahasia yang membuat saya terpana ketika mengetahuinya. Saya suka alam, karena alam mengandung fisika. Sedang matematika? Hm.. Maybe i'll learn it, so i'll love it

-hamster saya tidak mau beranak. Saya juga tidak tahu kenapa, apakah si pejantan impoten, ataukah si betina pemalas. Atau mereka berdua diam-diam, tanpa sepengetahuan saya mengikuti program KB Andal*n? Yang jelas sampai sekarang mereka belum beranak.

Baiklah, karena ini postingan yang sangat tidak penting, maka tidak usah dihiraukan. Kejiwaan saya sedang terganggu. Itu saja, haha!

Dan hadirnya sobat-sobat saya amat sangat membantu :). Thanks untuk pinta, pak hokage, rahmat, mb mista, temenc ambalan, perpus mbrosot, and my star. Tanpa kalian dunia akan kurang nano-nano:D

NB: Saya juga tidak tahu holocomn syndrom itu apaan^^
Klik untuk membaca lanjutannya

2 komentar

Senin, 31 Mei 2010

Manga Review : Yakitate Japan

Senin, 31 Mei 2010

Azuma Kazuma adalah seorang pembuat roti yang sangat berbakat.Walaupun ia terlihat bodoh, lola, dan penampilannya agak eksentrik (karena memakai bando)milkysmile dia adalah seorang juru roti yang tidak bisa diremehkan. Ia selalu terlihat santai dan sepertinya hanya bermain-main saja. Walaupun begitu Azuma mampu menciptakan Japan-Japan spektakuler yang mampu membuat para juri mengeluarkan rekasi yang imposible.milkysmile


Azuma lahir di tengah keluarga petani beras dan jatuh cinta pada rasa roti yang pertama dicobanya pada usia 5 tahun. Sejak kecil ia memiliki keahlian yang hanya dimiliki oleh sedikit orang, yaitu Solar Hands yang diartikan Tangan Matahari. Tangan ini merupakan tangan istimewa yang hanya dimiliki sedikit orang saja, keistimewaannya adalah tangan ini memiliki suhu lebih hangat daripada suhu tubuh (lazimnya suhu tangan lebih rendah daripada suhu tubuh) sehingga membuat adonan roti mengembang lebih baik dari roti biasa.

Azuma selalu optimis dan ceria, ia sangat jarang berputus asa dalam pertandingan roti apapun, namun kadang ia mengalaminya tetapi setelah itu ia pasti dapat bangkit kembali oleh bujukan teman-temannya. Ia mendapat ilham tentang berbagai Ja-pan dari berbagai sumber, seperti dari masakan-masakan Jepang dan kakeknya yang terlalu banyak bicara tentang pertanian. Dan azuma selalu mempercayai cerita kakeknya, entah itu yang benar atau yang hanya karangan belaka.milkysmile

Secara umum Yakitate Japan menceritakan perjuangan Azuma untuk menjadi juru roti terhebat. Didampingi oleh rekan-rekannya: Kai Suwabara, Kyousuke Kawachi, Tsukino Azusagawa, Shigeru Kanmuri, Kageto Kinoshita, Azuma mampu menjadi juara pertama dalam kompetisi pegawai baru Pantasia dan bahkan memenangkan Monaco Cup dan Turnamen Panel Yakitate!!milkysmile

Walaupun Yakitate!! Japan memfokuskan ceritanya pada roti, namun banyak kejadian lucu dan menarik dari kisah ini, misalnya saja reaksi-reaksi (Reaction) para Juri setelah memakan roti-roti yang telah dibuat. Tentu saja hal ini mengakibatkan cerita ini sangat disukai karena salah satu diantaranya reaksi-reaksinya yang sangat lucu dan terlalu melodramatik.milkysmile

Pokoknya Yakitate!! Japan sangat menarik untuk disimak. milkysmile


Hoa epery body… Kali ini saya membahas tentang “Yakitate!! Japan” *karena saya terlanjur jatuh cinta kepada makanan*. Biarlah walopun beberapa hari lagi saya ada tes masuk perguruan tinggi, dan saya malah posting-posting nggak jelas kayak gini, yang penting I’m Happy. Dan selama ini malaikat nggak pernah menang nyuruh saya belajar walaupun dia berkolaborasi dengan ibu, karena saya juga sudah berkolaborasi dengan setan. Hua ha ha ha ( kalo diliat-liat blog ini makin lama makin gak jelas aja isinya)
Klik untuk membaca lanjutannya

2 komentar

Minggu, 23 Mei 2010

Diet Berdasarkan Golongan Darah

Minggu, 23 Mei 2010
Ada berbagai macam cara untuk diet. Namun hati-hati karena ada diantara cara yang tidak tepat dan bahkan bisa mengakibatkan kurang gizi, daya tahan tubuih lemah, atau bahkan gangguan kesehatan. Nah, berikut ini adalah pola makan yang tepat untuk masing-masing golongan darah.


GOLONGAN DARAH A

Golongan darah A merupakan manusia pertama yang menjalankan aktifitas pertanian karena nenek moyang sudah tinggal menetap dan tidak lagi suka berperang.

Tingkah Laku : Bertanggung jawab & romantis

Masalah yang dihadapi : Hilang kesabaran diri atau cepat marah, rembesan sebum berlebihan, penyakit jantung dan masalah saluran darah, kanker dan ulser, gaster, kegemukkan.

Diet : Makanan berkarbohidrat tinggi & kurangi lemak

Sangat Bermanfaat (makanan yang beraksi sebagai obat)
Bayam, brokoli, wortel, jamur ikan mas, kacang tanah, kacang buncis, kacang/ susu kedelai, tahu, tempe, tepung beras, bluberi, minyak zaitun, ikan mas, ikan sardine, (Siput, jus nanas, mangga, pisang, jeruk limau & sitrun).

Netral (makanan yang beraksi sebagai makanan)
Ikan tuna, telur ayam & bebek, telur puyuh, biji wijen, biji bunga matahari, kacang ercis / kapri, jagung, tapioka, roti gandum, labu, bawang merah, mentimun, talas, anggur (semua jenis), melon, blewah, pir, delima, kiwi, kurma, strowberi, kesemek, jambu biji, Daging (ayam, burung unta, belibis kalkun,burung dara)

Hindari (makanan yang beraksi sebagai racun)
Daging (sapi, kerbau, domba, bebek, angsa, kelinci, ayam hutan), lobster, gurita, kepiting, belut, kodok, udang, cumi- cumi, mentega, susu sapi, keju, es krim, susu, murni, acar, terung, tomat, ubi, kentang, jeruk, kelapa/ santan, melon madu, pisang (raja), pepaya, pare, air soda.

GOLONGAN DARAH B

Kunci golongan darah B adalah keseimbangan. Orang bergolongan darah B tumbuh dan berkembang baik melalui apa yang telah disediakan oleh dunia hewan dan tumbuhan. Artinya golongan darah B menunjukan kemampuan yang canggih dalam perjalanan evolusinya.

Tingkah Laku : Adaptasi & analitika

Masalah yang dihadapi : Kerusakan system syaraf, kesulitan untuk tidur berkualitas, sakit kepala dan migren, penyakit hati dan saluran empedu, masalah haid, sakit tulang belakang, kegemukkan, penyakit jantung.

Diet : Susu & produk susu

Sangat Bermanfaat (makanan yang beraksi sebagai obat)
Ikan laut, susu sapi, keju, buburgandum, roti essene, kue beras, brokoli, ubi, wortel, kembang kol, terung, teh hijau, Daging (kambing, domba, kelinci, rusa)

Netral (makanan yang beraksi sebagai makanan)
Cumi-cumi, ikan mas, ikan tuna, mentega, keju, telur ayam, kacang merah, kacang buncis, tepung beras, roti beras, bayam, brokoli, selada, mentimun, labu, kentang, sawi, mangga, melon, jeruk, pir, kurma, jambu biji, Daging (sapi, kerbau, kalkun, hati anak sapi)

Hindari (makanan yang beraksi sebagai racun)
Daging (bebek, ayam, angsa, belibis, babi, kuda, keong, kepiting, siput, belut, kodok, gurita, lobster, es krim, telur (bebek, angsa, puyuh), kacang tanah,roti gandum,tomat, waluh, jagung, avokad, pare, delima, kelapa/ santan, kesemek, belimbing, pir, air soda, minuman beralkohol.

GOLONGAN DARAH AB

Golongan darah AB merupakan golongan darah yang paling modern dan berusia kurang dari 1.000 tahun, jarang (5 % dari jumlah populasi), dan bersifat kompleks secara biologis. Karena anda membawa anti gen A dan B.

Tingkah Laku : Cerdik & penyabar

Masalah yang dihadapi : Perut kembung sakit jantung dan masalah saluran darah, kanker, kegemukkan, kesulitan tidur berkualitas, sakit sendi dan tulang.

Diet : Dapat menyesuaikan diri dengan berbagai jenis makanan

Sangat Bermanfaat (makanan yang beraksi sebagai obat)
Ikan sardin, ikan tuna, susu kambing, putih telur (ayam), keju ricotta, krim asam (rendah kalori), the hijau, anggur merah, Daging (domba, kelinci, kalkun),

Netral (makanan yang beraksi sebagai makanan)
Cumi-cumi, ikan mas, ikan tuna, mentega, keju, telur ayam, kacang merah, kacang buncis, tepung beras, roti beras, bayam, brokoli, selada, mentimun, labu, kentang, sawi, mangga, melon, jeruk, pir, kurma, jambu biji, Daging burung unta,

Hindari (makanan yang beraksi sebagai racun)
Daging (sapi, kerbau, ayam, bebek, angsa, babi, rusa kuda), lobster, kepiting, kodok, mentega, es krim, telor bebek, kacang hitam, acar, jagung, belimbing, delima, pare, pisang, kelapa, kesemek, jambu biji, mangga, saus tomat, kopi, soda, minuman beralkohol

GOLONGAN DARAH O

Golongan darah O merupakan golongan darah paling kuno dalam sejarah manusia. Gen untuk golongan darah O berkembang pada suatu titik ketika peradaban manusia beralih dari hidup berburu dan berpindah-pindah ke komunitas agraris yang menetap di suatu tempat.

Tingkah Laku : Berenergi & tidak mudah putus asa

Masalah yang dihadapi : Kencing manis, masalah usus dan pencernaan, peredaran darah kurang baik, sakit pinggang danbelakang, kegemukan, kadar kolesterol yang tinggi, tekanan darah tinggi, kadar asam urat tinggi, penyakit kanker, gout,penyakit jantung, penyumbatan arteri.

Diet : Makanan tinggi protein & kurangi karbohidrat

Sangat Bermanfaat (makanan yang beraksi sebagai obat)
Brokoli, ubi, waluh, selada, ganggang laut, lobak china, bluberi, ceri, jambu biji, bumbu kari, kacang polong, kacang merah, semua jenis bawang, rumput laut, jahe, kailan, kunyit, Daging ( sapi, kerbau, rusa, domba, anak sapi )

Netral (makanan yang beraksi sebagai makanan)
Ikan mas, belut, lobster, ikan tuna, ikan sardine, udang, telur (ayam, bebek), mentega, kacang ( hitam, merah, buncis, kedelai ), tempe, tahu, susu kedelai, bubur gandum, beras, kue beras, roti beras, tepung gandum, terung, tomat, labu, Daging ( ayam, bebek, kambing, angsa, kalkun, kelinci )

Hindari (makanan yang beraksi sebagai racun)
Daging babi, cumi-cumi, sotong, kerang, kodok, gurita, telur (angsa, puyuh), es krim, keju, susu sapi, yoghurt(semua jenis), minyak kelapa, penyu, minyak jagung, jagung, bunga brokoli, kacang tanah, kacang mede, kuaci, laichi, kentang, mentimun, kembang kol, jamur, blewah, jeruk mandarin, pisang raja, pare, anggur putih, kecap, kopi, minuman keras
Klik untuk membaca lanjutannya

2 komentar

Sifat & Karakter Berdasarkan Golongan Darah

Di Jepang, ramalan tentang seseorang lebih ditentukan oleh golongan darah daripada zodiak atau shio. Kenapa? Katanya, golongan darah itu ditentukan oleh protein-protein tertentu yang membangun semua sel di tubuh kita dan oleh karenanya juga menentukan psikologi kita. Benar apa tidak? check it up Bro...


Sifat secara umum :

1. A : terorganisir, konsisten, jiwa kerja-sama tinggi, tapi selalu cemas (karena perfeksionis) yang kadang bikin orang mudah sebel, kecenderungan politik: “dekstra”
2. B : nyantai, easy going, bebas, dan paling menikmati hidup, kecenderungan politik: “sinistra”
3. O : berjiwa besar, supel, gak mau ngalah, alergi pada yang detil, kecenderungan politik: “centro”
4. AB : unik, nyleneh, banyak akal, berkepribadian ganda, kecenderungan politik: “sinistra”

Yang paling gampang ngaret soal waktu :

1. B : karena nyantai terus
2. O : karena flamboyan
3. AB : karena gampang ganti program
4. A : karena gagal dalam disiplin

Yang paling susah mentolerir kesalahan orang :

1. A : karena perfeksionis dan narsismenya terlalu besar
2. B : karena easy going tapi juga easy judging
3. AB : karena asal beda
4. O : easy judging tapi juga easy pardoning

Yang paling bisa dipercaya :

1. A : karena konsisten dan taat hukum
2. O : demi menjaga balance
3. B : demi menjaga kenikmatan hidup
4. AB : mudah ganti frame of reference

Yang paling disukai untuk jadi teman :

1. O : orangnya sportif
2. A : selalu on time dan persis
3. AB : kreatif
4. B : tergantung mood

Kebalikannya, teman yang paling disebelin/ tidak disukai :

1. B : egois, easy come easy go, maunya sendiri
2. AB : double standard
3. A : terlalu taat dan scrupulous
4. O : sulit mengalah

Yang paling mudah kesasar/tersesat :

1. B
2. A
3. O
4. AB

Yang paling banyak meraih medali di olimpiade olah raga :

1. O : jago olah raga
2. A : persis dan matematis
3. B : tak terpengaruh pressure dari sekitar. Hampir seluruh atlet judo, renang dan gulat jepang bergolongan darah B
4. AB : alergi pada setiap jenis olah raga

Yang paling banyak jadi direktur dan pemimpin :


1. O : karena berjiwa leadership dan problem-solver
2. A : karena berpribadi “minute” dan teliti
3. B : karena sensitif dan mudah ambil keputusan
4. AB : karena kreatif dan suka ambil resiko

Yang jadi PM jepang rata-rata bergolongan darah O (berjiwa pemimpin)
Mahasiswa Tokyo Univ pada umumnya bergolongan darah B

Yang paling gampang nabung :

1. A : suka menghitung bunga bank
2. O : suka melihat prospek
3. AB : menabung karena punya proyek
4. B : baru menabung kalau punya uang banyak

Yang paling kuat ingatannya :

1. O
2. AB
3. A
4. B

Yang paling panjang umur :

1. O : gak gampang stress, antibodynya paling joss!
2. A : hidup teratur
3. B : mudah cari kompensasi stress
4. AB : amburadul

Yang paling gampang gendut :

1. O : nafsu makan besar, makannya cepet lagi
2. B : makannya lama, nambah terus, dan lagi suka makanan enak
3. A : hanya makan apa yang ada di piring, terpengaruh program diet
4. AB : makan tergantung mood, mudah kena anoreksia

Yang paling gampang flu/ demam/ batuk/ pilek :


1. A : lemah terhadap virus dan pernyakit menular
2. AB : lemah terhadap hygiene
3. O : makan apa saja enak atau nggak enak
4. B : makan, tidur nggak teratur

Apa yang dibuat pada acara makan di sebuah pesta :

1. O : banyak ngambil protein hewani, pokoknya daging-dagingan
2. A : ngambil yang berimbang, sehat 5 sempurna
3. B : suka ambil makanan yang banyak kandungan airnya seperti sop, soto, bakso dan sebagainya
4. AB
hobby mencicipi semua masakan, “aji mumpung”

Yang paling cepat botak :

1. O
2. B
3. A
4. AB

Yang tidurnya paling nyenyak dan susah dibangunin :

1. B : tetap mendengkur meski ada Tsunami
2. AB : jika lagi mood, sleeping is everything
3. A : tidur harus 8 jam sehari, sesuai hukum
4. O : baru tidur kalau benar-benar capek dan membutuhkan

Yang paling cepet tertidur :

1. B : paling mudah ngantuk, bahkan sambil berdiripun bisa tertidur
2. O : Kalau lagi capek dan gak ada kerjaan mudah kena ngantuk
3. AB : tergantung kehendak
4. A : tergantung aturan dan orario

Penyakit yang mudah menyerang :

1. A : stress, majenun/ linglung
2. B : lemah terhadap virus influenza, paru-paru
3. O : gangguan pencernaan dan mudah kena sakit perut
4. AB : kanker dan serangan jantung, mudah kaget

Apa yang perlu dianjurkan agar tetap sehat :

1. A : karena terlalu perfeksionis maka nyantailah sekali-kali, gak usah terlalu tegang dan serius
2. B : karena terlalu susah berkonsentrasi, sekali-kali perlu serius sedikit, meditasi, main catur
3. O : karena daya konsentrasi tinggi, maka perlu juga mengobrol santai, jalan-jalan
4. AB : karena gampang capek, maka perlu cari kegiatan yang menyenangkan dan bikin lega

Yang paling sering kecelakaan lalu lintas (berdasarkan data kepolisian) :

1. A
2. B
3. O
4. AB
Klik untuk membaca lanjutannya

2 komentar

Jumat, 14 Mei 2010

Menu Sehat Untuk Golongan Darah O

Jumat, 14 Mei 2010
Dilihat dari sejarahnya, nenek moyang orang bergolongan darah O adalah pemburu. Oleh karena itu, orang bergolongan darah O sangat terbiasa mengonsumsi daging buruannya. Pencernaan golongan darah O adalah pencernaan yang paling baik untuk mencerna makanan berprotein tinggi, berlemak tinggi, dan sedikit berkarbohidrat. Keberhasilan diet *diet=pengaturan makan, bukan usaha yang dilakukan untuk menurunkan berat bada* golongan darah O sangat bergantung pada konsumsi daging sapi, ayam, serta ikan yang bebas zat kimia dan segar, misalnya ayam kampung yang diternakkan secara organic atau ikan yang dipelihara di air yang sehat. Nah, bagaimanakah penjelasan selengkapnya?


Berbeda dengan orang bergolongan darah A yang harus menghindari konsumsi daging, orang bergolongan darah O sangat membutuhkan daging protein tinggi seperti domba atau sapi *bersyukur karena terlahir sebagai seorang O*. Penyebabnya karena pencernaan orang bergolongan darah O mempunyai tingkat keaasaman yang tinggi sehingga mudah mencerna daging. Akan tetapi, yang dimaksud mengonsumsi daging disini adalah dagingnya saja, tanpa lemaknya dan jangan mengonsumsi kikil karena benyak mengandung purin yang akan mengendap dalam otot dan sendi.

Mengonsumsi ikan laut sangat baik untuk orang bergolongan darah O mengingat rendahnya produksi tiroid dalam tubuh mereka*ikan laut sepertinya baik untuk semua orang*.Orang bergolongan darah O juga harus membatasi asupan diary product (produk susu) karena protein susu akan sulit dicerna oleh mereka (karena O tidak bisa mencerna laktosa dengan baik)

Resiko penyakit yang mungkin diderita golongan darah O:
-Gangguan pembekuan darah,
-Penyakir peradangan, seperti arthritis,
-Produksi tiroid rendah,
-Tukak lambung (maagh)*of course karena produksi asam lambung O yang berlebih*
-Alergi

Nah ini dia daftar menu yang bermanfaat, netral, dan merugikan untuk orang bergolongan darah O

Bermanfaat:

  • Daging: anak sapi, domba, kerbau, hati, leher sapi, sapi
  • Hasil laut: Ikan Gindara, Ikan Halibut, Kakap Merah, Tenggiri, Ikan Mas, Ikan Ekor Kuning
  • Telur dan produk susu: -
  • Minyak dan Lemak: Minyak biji rami, Minyak zaitun
  • Biji-bijian: Biji labu, Biji rami
  • Polong-polongan: kacang walnut, kacang azuki, kacang polong mata hitam
  • Serealia: bekatul, buckwheat, beras, tepung havermut, havermut, tapioka, soba
  • Sayuran: articok, bawang bombai, bawang merah, bawang kuning, kalian, bayam, brokoli, peterseli, ganggang laut, lobak, okra, labu parang, ubi
  • Buah: blackberry, blueberry, buah ara, ceri, jus ceri hitam, jambu biji, mangga, jus nanas, pisang, plum
  • Lain-lain: teh hijau
Netral:
  • Daging: ayam, angsa, bebek, belibis, burung dara, burung unta, kambing, kalkun, kelinci 
  • Hasil laut: belut, ikan belanak, ikan ekor kuning, ikan kakaktua, kakap putih, kerapu, mahi-mahi, mackerel, ikan mas, hiu, ikan sardine, ikan sebelah, tuna, kepiting, ikan kampak, kerang tahu, lobster, siput, tiram, udang
  • Telur dan produk susu: ghee, keju fetah, keju kambing, keju mozzarella, mentega, telur ayam
  • Minyak dan Lemak: minyak almond, minyak biji anggur hitam, minyak canola, minyak ikan cod, minyak walnut, minyak wijen
  • Biji-bijian: almond, kuaci, biji popi, wijen, chestnut, macadamia, susu almond, pecan, pine nut,
  • Polong-polongan: hitam, babi, garbanzo, buncis, hijau, kedelai, merah, kapri, polong, miso, susu kedelai, tahu, tempe
  • Sayuran: adas pedas, asparagus, bawang merah, bawang putih, bengkuang, bit, bockoy,buncis, cabai, daun bawang, jus kubis, kubis, kapri, labu-labuan, lobak cina, radis, rebung, paprika kuning dan hijau, pimiento, sawi, selada air, lettuce, zukini, talas, tauge, tomat, wakame, wortel, jamur abalonjamur merang, jamur portabelo, jamur tiram
  • Buah: anggur, apricot, belimbing, blewah, grape fruit, cuka apel, sukun, delima, jeruk lemon, jeruk nipis, kesemek, kismis, kurma, melon kacuali melon madu, nanas, papaya, persik, pir, rasberi, semangka, stroberi
  • Lain-lain: jelly dari buah yang diperbolehkan, mayones dari bahan yang diperbolehkan, mustard tanpa cuka, anggur merah

Yang merugikan:


  • Daging dan unggas: daging asap, ham, babi, puyuh, penyu 
  • Hasil laut: kerang abalone, lele, cumi-cumi, kodok, ikan barakuda, herring, salem asap, gurita
  • Telur dan produk susu: es kri, yogurt, keju krim, semua jenis keju keras, susu, telur puyuh, telur angsa, krim asam
  • Minyak dan lemak: kelapa, jagung, evening primerose, kacang tanha, kastor, kelapa, kedelai, biji gandum, bunga matahari
  • Kacang-kacangan: kacang brazil, mete, pistasio, tanah, biji bunga matahari poppy seed, 
  • Polong-polongan: kacang tembaga, kacang ginjal, miju-miju, kacang navi, kacang pinto, tamarind
  • Serealia, roti, dan pasta: jawawut, jagung, cornflakes, couscous, granola, berondong jagung, pasta bayam, gandum, semua peoduk gandum
  • Sayuran: avokad, bawang perai besar, jagung, jamur shiitake, jamur silver dollar, kecambah alfalfa, kembang kol, kentang, lidah buaya, mentimun, ustard hijau, zaitun hitam
  • Buah-buahan: beri hitam, blewah, jeruk mandarin, kalapa dan santan, kiwi, honeydew melon, pare, pir asia, pisang raja
  • Lain-lain: air mineral bersoda, mayones dari bahan yang merugikan, soda, saus inggris, saus tomat, anggur putih, kopi, the hitam, liquor dan minuman keras lainnya.

Ambarini. 2008. Menu Sehar-Hari untuk Sebulan Golongan Darah O. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Klik untuk membaca lanjutannya

15 komentar

Jumat, 26 Maret 2010

Download OST Anime versi Indonesia

Jumat, 26 Maret 2010
Setelah bertahun-tahun cari web buat download OST anime versi Indonesia, akhirnya dapet juga :D VERSI INDONESIA lho.. Sekali lagi, VERSI INDONESIA!!!

Jadi keinget masa kecil.. Ninja Hatori, Creamy mamy, Lets and Go, Jeanny with the Light Brown Hair, Minky Momo, Dr. RIn, dsb. Dulu setiap minggu pagi adalah surga dunia, banyak fil kartun:D

Nah, ini dia linknya... (dari sini nih asalnya)
Selamat bernostalgia dan menikmati


1. Akazukuin Chacha opening versi Indonesia- si penyihir cilik berambut kuning
2. Atasinchi opening versi Indonesia plus ending versi Indonesia - yang gambarnya aneh tapi ceritanya "apik" ^^
3. Captain Tsubasa 1983 versi Indonesia dan Dragon Screamer versi Indonesia - tentang seorang anak laki-laki yang suka banget sama bola (sekarang tayang lagi di Global TV)
4. Cardcaptor Sakura opening versi Indonesia dan ending versi Indonesia - tentang gadis cilik yang bertugas cari kartu-kartu sihirnya pak Clamp
5. Crayon Sinchan 2009 endingversi Indonesia dan opening, Crayon Sinchan yang dulu versi Indonesia - tentang seorang anak kecil yang bandelnya minta ampun.
6. Creamy Mamy opening versi Indonesia and ending versi Indonesia - tentang seorang anak perempuan yang bisa berubah jadi penyanyi (yang dewasa, terkenal, and cuantik)
7. Cyborg Kuro-Chan opening versi Indonesia + ending versi Indonesia
8. Detective Conan opening versi Indonesia- tentang seorang murid SMA dengan daya analisa tinggi bernama Sinichi Kudo yang berubah jadi anak kecil karena minum racun
9. Digimon Adventure
10. Digimon 2 opening versi Indonesia
11. Doraemon opening versi Indonesia dan ending versi Indonesia
- tentang robot ajaib dari abad 21 yang dikirim untuk membantu Nobita. Sekarang filmnya masih ada kan^^
12. Dr. Slump opening versi Indonesia (Aralle)- about Aralle, robot buatannya Dr. Slump yang kuat, polos, bersemangat, bodoh, tapi pintar
13. Dragon Ball opening versi Indonesia - tentang perjuangan mencari bola-bola dragon (Dragon Ball) berjumlah 7 buah. Jika ketujuh bola berhasil terkumpul, maka kita bisa meminya Sang Naga mengabulkan semua permintaan kita
14. Flame of Recca openingversi Indonesia
15. Fruit Basket
16. Ghost at School (Hantu di sekolah) opening versi Indonesia - ending versi Indonesia - about hantu-hantu, tapi gak serem-serem banget kok^^ kartun siy... (tapi buat anak-anak mungkin cukup menakutkan)
17. Hamtaro opening versi Indonesiadan ending versi Indonesia
18. Honey Bee Hutch opening versi Indonesia - tentang seorang lebah cilik bernama Hatci yang mencari ibunya
19. HunterXHunter opening versi Indonesia dan ending versi Indonesia - tentang perjuangan Gon, Leorio, dan Kurapika dalam menjalani ujian Hunter untuk menjadi seorang Hunter. Juga untuk nyari ayahnya Gon
20. Jeanny With The Light Brown Hair versi Indonesia (masih inget judul lengkapnya ^^)
21. Jiraya opening versi Indonesia
22. Kembalinya Pendekar Rajawali - The Return of Condor Heroes versi Indonesia
23. Kera sakti versi Indonesia
24. Kobo Chan opening versi Indonesia
25. Kstria Baja Hitam opening versi Indonesia
26. Lets and Go opening versi Indonesia- tentang perjuangan Go dan kawan-kawan untuk menjadi pemain Tamiya terhebat
27. Minky Momo ending versi Indonesia
28. Masked Rider Kuuga versi Indonesia (Kamen Rider Kuuga)
29. Mojacko versi Indonesia
30. Ninja Boy opening versi Indonesia
31. Ninja Ranger versi Indonesia
32. Ninja Hatori versi Indonesia
33. O Ranger versi Indonesia
34. P-man versi Indonesia
35. One Piece versi Indonesia
36. Power Ranger versi Indonesia
37. Pretty Cure versi Indonesia
38. Ranma 1/2 versi Indonesia
39. Saint Seiya ending versi Indonesia
40. Shoot versi Indonesia
41. Sailormoon versi Indonesia
42. Trouble Chocolate versi Indonesia
43. Wedding Peach versi Indonesia
44. Whistle op versi Indonesia ending versi Indonesia
45. Yu Gi Oh opening versi Indonesia - ending versi Indonesia
48. Zenki ending versi Indonesia

Nah.. Tuh semua Insya Allah berbahasa Indoensia..

So, selamat menikmati OST nya ^^
Klik untuk membaca lanjutannya

62 komentar

Minggu, 21 Maret 2010

Hati Yang Berkisah

Minggu, 21 Maret 2010
Phew...
Sepertinya postingan di siang bolong ini harus diawali dengan sebuah hembusan nafas panjang. Semoga saja benag-benang ruwet di kepalaku mau mengendur dan lepas.

Kawan, tak terasa 9 bulan kita telah bersama. Dan aku masih ingat awal permulaan kisah kita. Awal mula ketika kita dipertemukan di dalam sebuah kelas yang aneh. Mungkin waktu itu terbesit perasaan kikuk, asing, dan kaku. Namun semua dinding kekakuan itu luruh seiring berjalannya sang waktu.

Yah, kawan..
Besok senin kita akan berjuang. Besok Minggu juga. Aku nggak tahu apa lagi yang harus aku tuliskan. Terlalu banyak hal dalam kepalaku yang ingin ku tuangkan..

Pokoke we must do the best :D

Dalam tubuh kita terdapat ksatri hebat yang masih tertidur, bangunkan ia besok. Dan kita, dengan ksatria masing-masing akan menari dan bersenandung bersama integral, karbon, dan flux magnetik.

Yippy!!
Go Get Gold!!!

Klik untuk membaca lanjutannya

2 komentar

Kamis, 11 Maret 2010

Blog Untuk Belajar dan Mengajar

Kamis, 11 Maret 2010
Blog bagaikan sebuah wahana virtual tempat segala ide dan aspirasi dituangkan. Bermacam karya hasil kreasi dan imaji anak manusia tertuang di dalam blog. Semua, semua ada. Curahan hati seputar pengalaman sehari-hari, puisi-puisi yang menyiratkan kegundahan, ataupun syair yang melambangkan cinta. Artikel dan tips yang sangat membantu, warta berita hangat, ataupun opini yang cerdas. Semua itu ada dalam sebuah wahana maya, blog.


Sebenarnya, jika dimanfaatkan dengan maksimal, blog bisa menghasilkan sesuatu yang ber-value untuk kita. Eits, tunggu dulu, yang ku maksud dengan keuntungan disini bukan berupa uang yang diperoleh dari ads-sense, tapi lebih wao... Apaan tuh? Jawabannya adalah pengetahuan.Kok bisa?


Seperti kata pepatah arab, “ilmu yang tidak diramalkan bagai pohon tak berbuah”. Jadi, segala ilmu yang kita punya harus kita tularkan pada orang lain agar ilmu itu berfaedah. Pengetahuan itu harta yang immortal dan tidak akan berkurang. Tidak seperti harta, harta akan terus berkurang jika diberikan. Tetapi semakin kita memberikan ilmu kepada orang lain, semakin dalam lah ilmu kita.

Nah, blog adalah salah satu media untuk membagikan ilmu kita kepada orang lain. Dengan blog, ilmu yang kita tulis bisa dibaca berjuta orang dari seluruh penjuru dunia. Dengan menulis di blog pun penguasaan kita terhadap ilmu tersrbut juga semakin bertambah….

Tapi, menulis di blog ternyata tidak semudah yang dikira. Agar tulisan kita dibaca orang lain, kita harus merias tulisan kita secantik mungkin. Dan proses “merias” ternyata cukup sulit, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan saat membuat sebuah tulisan di blog

Memilih tema yang menarik.
Artikel yang berisi hal-hal menarik yang sedang populer akan lebih disukai pembaca daripada artikel yang isinya sudah jadul alias ketinggaslan zaman. Memang, menarik atau tidaknya suatu artikel bersifat relatif. Artinya setiap orang memiliki standar criteria yang berbeda-beda. Misalnya saja seorang ibu rumah tangga, ia pasti lebih menyukai artikel tentang masak memasak daripada tentang petualangan. Lain halnya dengan anak muda yang lebih suka petualangan dari pada sesuatu yang berbau dapur. Lantas, bagaimana kita harus mengatasi perbedaan tersebut?
Gampang saja, caranya kita tinggal memilih tema yang umumnya disukai banyak orang, misalnya infotaiment atau music. Cara lain yang lebih kreatif adalah dengan mengahdirkan sekaligus beberapa tema dalam sebuah tulisan.

Membuat karangan yang padu
Sebuah karangan atau tulisan, apapun jenisnya, merupakan suatu unity atau kesatuan. Paragraf-paragraf yang menyusunnya bagaikan komponen-komponen dalam sebuah bangunan. Sekecil apapun komponen itu, semuanya penting. Komponen tersebut harus disusun dengan baik agar menjadi sebuah bangunan yang kokoh dan indah. Begitu juga dengan sebuah artikel, paragraph yang menyusunnya pun harus padu dan berhubungan satu sama lain agar menjadi sebuah kesatuan yang kokoh.

Menggunakan bahasa yang indah
Yang dimaksud bahasa indah tidak selalu bahasa yang enuh majas, perumpamaan, dan pengandaian yang maknanya tersirat. Bahasa indah adalah bahasa yang mudah dimengerti orang lain dan membuat orang it uterus tertarik untuk membaca tulisan kita sampai akhir.

Memberi jiwa
Artikel hasil copy paste akan terasa kurang “berjiwa” dibanding dengan artikel buatan sendiri. Artikel yang dibuat sendiri cenderung memperlihatkan karakter si penulis yang sesungguhnya. Saat menulis, seorang penulis, mau tidak mau, pasti akan menyuntikkan sedikit semangat jiwanya yang berkobar. Orang yang membacanya pun (jika sensitive), pasti akan bisa merasakan dan seakan menyelami alam ide si penulis. Sedikit suntikan “jiwa” di setiap karangan ini sangat penting untuk membuat artikel yang terkesan lebih hidup.

Nah, itu tadi sedikit tips dalam membuat artikel atau tulisan. Semakin sering kita menulis, maka kemampuan kita dalam mengolah aksara pun semakin tajam. Dengan menulis di blog, kita juga bisa berbagi ilmu dengan orang lain^^

Klik untuk membaca lanjutannya

5 komentar

Untuk Para Pejuang

Ujian Nasional tahun 2009 telah berlalu, meninggalkan kegembiraan bagi segelintir siswa SMA yang berhasil lulus dengan nilai memuaskan. Menyisakan penyesalan yang dalam bagi sebagian siswa yang lulus dengan nilai kurang memuaskan. Menyisakan kemelut dan kesedihan bagi siswa yang gagal dan tidak lulus.


Ujian Nasional yang merupakan akhir perjuangan di SMA, merupakan sebuah pintu gerbang untuk melnjutkan sebuah perjuangan baru. Sebuah perjuangan untuk dapat menempuh pendidikan di jenjang perguruan tinggi. Hidup ini terdiri dari ujian-ujian, dan perjuangan-perjuangan yang tiada habisnya. Namun, semua itu akan kembali kepada Sang Pencipta. Ujian yang kita hadapi di dunia ini, hanyalah ujian-ujian kecil untuk mendapatkan kehidupan yang kekal abadi.



Dan kini, ujian Nasional Tahun 2010 telah datang, menungguku di ujung jalan sana. Tahun lalu, mungkin aku hanya bisa mendoakan para kakak kelas yang berjuang menghadapi tumpukan soal berjibun yang mereka kerjakan setiap hari. Tahun lalu, mungkin aku hanya bisa membayangkan kelelahan dan kejenuhan yang mereka hadapi setiap hari. Tahun lalu, mungkin aku hanya bisa memandang mereka yang mengerjakan soal-soal try out sejak pagi hingga sore. Tapi tahun ini, tahun ini adalah tahunku. It’s my show time!

Aku merasakannya! Merasakan “silaunya” pelajaran tambahan, merasakan “pegalnya” berpuluh try out, dan merasasakan aroma kejenuhan yang hampir sama. Well, sebenarnya tidak seburuk itu. Semua hal akan menjadi mudah jika kita melakukannya dengan hati yang senang. Nah, berikut ini ada tips buat para siswa yang sedang duduk di tahun terakhir.. 

Belajar secara rutin.
Hal yang tepat dilakukan adalah belajar secara sedikit demi sedikit namun rutin, bukan belajar semalaman namun hanya sekali saja. Sedikit tips, malam sebelum hari H ujian, lebih baik hanya membuka-buka buku saja. Jangan mengerjakan soal yang sulit-sulit karena itu akan berpengaruh ke psikis kita. Jika memungkinkan, jangan belajar sama sekali di malam hari H. Gunakan waktu itu untuk refreshing saja agar pikiran menjadi segar.

Ingat Impian
Hm.. Masalah yang sering kita hadapi adalah MALAS belajar. Nah, saat rasa malas menyerang, sebaiknya kita mengingat kembali impian kita. Impian adalah motivasi terbesar kita, bahkan impian mampu membuat hal yang mustahil dilakukan menjadi hal yang mudah dilakukan. (Sebagai referensi, bisa baca novel sang Pemimpi karya Andrea Hirata ^^)
   

Mendekatkan diri pada tuhan
Seteah semua persiapan duniawi siap (belajar, mood yang baik, mental yang kuat, dan alat tulis yang lengkap tentumya), ada persiapan lain yang tak kalah pentingnya, yaitu mendekatkan diri pada tuhan. Ingatlah bahwa Allah selalu membantu hambanya yang sedang berada dalam kesusahan.

Refreshing
Setelah semua persiapan siap, saatnya kita merelaxkan pikiran. Mendengarkan music, jalan-jalan, atau olah raga merupakan aktivias yang baik untuk mengendurkan ketegangan syaraf otak. Jangan sampai belajar terus karena tubuh dan mental kita akan cepat lelah.

Nah, itu tadi sedikit tips yang biasanya terlewatkan dalam tips-tips yang lain. Semoga bermanfaat, dan biarkan takdir memainkan peranannya.^^

Klik untuk membaca lanjutannya

2 komentar

Minggu, 07 Maret 2010

Dari Bioteknologi ke Tepung

Minggu, 07 Maret 2010
Lagi-lagi berawal dari les Biologi hari senin tanggal 4 Januari 2010 – di lab Biologi SMA N 1 Bantul tercinta, masih dalam bab yang sama yaitu Bioteknologi.

Dari sepatah kata perkataan seseorang dapat menimbulkan berjuta-juta tanya, yang jika rasa penasaran itu dibiarkan saja, maka akan mematikan kreatifitas di waktu yang akan datang. Dari sebuah perkataan, dapat memancing berjuta rekasi yang jika hanya dipendam akan menimbulkan sikap apatis dan tak acuh di kemudian hari.
******
Salah satu penerapan bioteknologi di bidang pangan adalah untuk membuat roti.” Kata guruku, masih dengan suranya yang lantang.

“Pokokmen (kayaknya) yang makanan-makanan ki pasti bioteknologi konvensional.” Kata Opy, teman sebangkuku.
“Ho oh. Kayaknya emang gitu. Tempe, tape, kecap, roti, dll. Tapi kayaknya untuk membuat keju diperlukan proses yang lebih rumit. Nggak mungkin deh kalau termasuk biologi konvensional. Konvensional kan = tradisional = ndeso?”

“Coba kalian tentukan dari daftar berikut mana yang termasuk biologi konvensional, modern, dan ilmiah!” kata guruku sambil membuka lembar transparan baru.

“Yang termasuk biologi konvensional: tempe, tape, kecap, roti
Modern: keju, mentega, bir, vaksin, kultur jaringan, antibody monoclonal, protein sel tunggal, interferon
Ilmiah: gasohol, biogas, pengolahan limbah cair..”

Jadi sebelum jadi tepung seperti yang sering kita gunakan, serealia diolah dulu. Coba sebutkan serealia apa saja!”

“gandum!” kataku asal dan dengan suara pelan, takut salah.
“jagung,” kata teman di dekatku yang lain *bukan Ophy*


“Yak! Gandum, sorgum, jagung!”

“Sorgum apaan?” tanya kami bebarengan.
“Nggak tahu. Aku cuma tahu gandum” jawabku.
“Macam-macam tepung apa aja sih?”
“Terigu, kanji, maizena…. ”
“Tepung kanji sama maizena bedanya apa tho?” tanya Ophy.
“Beda, tapi aku gak tau. Yang jelas gunanya beda!”
“Sama, Mum! Ketahuan gak pernah bantuin di dapur…”
“Enak saja! Setahuku tepung Maizena dan tepung kanji itu beda.”
“Sama!”
“Teksturnya memang hampir sama. Tapi fungsinya beda. Kayaknya lebih high maizena.”
“Sama!”
“Takon liyane wae…” (baca: coba tanya yang lain) saranku, menghindari perdebatan panjang yang tidak akan berakhir karena sepertinya salah satu dari kami tidak ada yang mau mengalah.

Ophy: “Mb Lia, bedanya tepung kanji sama tepung maizena apa?”
Lia: “kalau maizena dari jagung. Kalau kanji nggak tahu..”

Ophy: ”Teh, bedanya tepung kanji dan maizena apa?”
Teteh: “Sama kayaknya.”

Ophy: “wo… podo thoh, Mum!”
Aku: “takon liyane.”

Ophy: “Ris, bedanya tepung kanji sama maizena apa?”
Riska: “Maizena dari jangung.”
Ophy: “Kanji?”
Riska: “Hm… apa ya?”
Ophy: “telo?”
Riska: “mungkin..”

Dan akhirnya Ophy bertanya pada Wening
“wen, tepung kanji sama maizena bedanya apa?”
“kalau tepung maizena dari jagung, tepung kanji dari ketela…” jawab Wening dengan amat sangat yakin. (pasti si Wening ini menghayati saat membaca komik Yakitate Japan, nggak hanya dilihat makanannya seperti aku)
“Kalau tepung tapioka?”
“dari ketela..”

Dan akhirnya kami berdua sama-sama ndomblong dan cuma bisa berkata “oooo…. Gitu.”
“jadi yang sama itu kanji dan tapioka. Bukan kanji dan maizena!”

******
Macam-macam tepung:

Tepung Jagung - Corn Strach
Dibuat dari pati jagung, umumnya dipake sebagai bahan utama pada custard. Biasa dipake untuk pengental pada sup mopun saus, memberi tekstur halus dan lembut pada sponge cake dan puding, serta efek renyah pada kue kering. (Kalo di Indonesia salah kaprah menyebutnya Maizena, padahal Maizena nih benernya merk tepung pati jagung yang sangat terkenal di Mexico.)

Tepung Terigu- Wheat Flour
Secara umum berdasarkan kadar gluten ato proteinnya ada 3 jenis tepung terigu. Kadar protein ini menentukan elastisitas dan tekstur sehingga penggunaannya disesuaikan dengan jenis dan spesifikasi adonan yang akan dibuat.
• Protein Tinggi - Bread Flour - High Grade Flour
Mengandung kadar protein 11%-13% ato bahkan lebih. Bila kena bahan cair maka glutennya akan mengembang dan saling mengikat dengan kuat membentuk adonan yang sifatnya liat. Mutlak diperlukan oleh adonan dengan sifat elastis maupun yang memerlukan kerangka kokoh seperti mi, roti, pasta, kulit martabak telur, pita bread, donat, croissant/puff pastry, sus/cream puff.
• Protein sedang - All Purpose Flour - Cake flour
Kadar protein berkisar antara 8%-10%, digunakan pada adonan yang memerlukan kerangka lembut namun masih bisa mengembang seperti cake. Tepung terigu jenis ini sangat fleksibel penggunaannya, baik untuk gorengan, kue tradisional (kukus), pancake, wafel hingga aneka jenis cake. Saking fleksibelnya sehingga sering juga disebut dengan All Purpose Flour alias Tepung Terigu Serbaguna.
• Protein Rendah - Low Protein Flour - Pastry Flour
Kadar protein sekitar 6%-8%, diperlukan untuk membuat adonan yang bersifat renyah dan crumbly. Bagus untuk coating pada gorengan, bikin cookies, pie crust, shortbread.
• Whole Wheat Flour
warnanya agak semu kecoklatan karena terbuat dari gandum dengan masih berkulit ari.
• Semolina
dibuat dari satu jenis gandum paling "keras" dan karenanya memiliki kadar protein paling tinggi diantara lainnya. Umum digunakan untuk membuat aneka pasta. Semolina dan Whole Wheat Flour masih sangat jarang di pasaran.

Tepung Tangjien, Tang Flour, Wheat Starch
Kerap dipakai untuk kulit aneka hidangan steamed dumplings/dim sum karena karakteristiknya yang halus, lembut dan transparan sangat cocok untuk sajian berkelas yang mengutamakan rasa dan penampilan.

Tepung Tapioka- Tapioka Starch – Kanji
Dibuat dari pati singkong /cassava. Sering dipake untuk pengental pada tumisan karena efeknya bening dan kental saat dipanaskan. Gak cocok untuk gorengan karena menyerap minyak dan mengeras setelah dingin beberapa lama. Selain pengental, juga dipake untuk pengenyal pada bakso, pengganti sagu pada pempek, juga sebagai bahan baku krupuk.

Tepung Sagu- Sago Flour- Sago Starch
Dibuat dari bagian tengah pohon sagu ato pohon aren (sehingga kadang2 disebut sagu aren). Bagian tengah pohon ini dikeruk, dihaluskan, campur air dan didiamkan hingga mengendap. Endapannya dikeringkan dan dihaluskan ato dibentuk lempengan menjadi keping sagu yang populer untuk bubur, menjadi makanan pokok di banyak wilayah di Indonesia Timur. Tepung Sagu punya karakter mirip Tepung Tapioka, tetapi lebih "kering". Selain untuk bubur, pempek, krupuk dan Kue Semprit, juga menjadi bahan utama pembuatan "Kue Bagea", sejenis kue kering yang sangat beken sebagai oleh2 dari Ambon dan sekitarnya.
• Sagu Mutiara
produk dari tepung sagu yang dibentuk menjadi butiran2 kecil, dipakai untuk bubur dan pelengkap aneka minuman. Di pasaran luar negeri, sagu mutiara disebut "Sago Pearls", ada juga yang dibuat dari tapioca dan disebut "Tapioca Pearls".
• Sagu Tani
merupakan merk tepung sagu dengan kualitas sangat bagus dan harganya relatif lebih mahal daripada tepung sagu biasa.

Tepung Beras – Rice Flour
Dibuat dari beras yang ditumbuk. Banyak dipake pada kue tradisional (kue mangkok, kue talam dll), ato pelapis pada gorengan karena efeknya renyah. Dengan pengolahan yang lebih lanjut, tepung ini menjadi bahan baku pembuatan bihun ato rice vermicelli. Di Vietnam juga dipakai sebagai bahan pokok pembuatan Banh Trang, aliyas rice paper, smacam kulit lumpia yang tipis untuk spring roll ala Vietnam.

Tepung Ketan – Glutinous Rice Flour
Dibuat dari beras ketan, item mopun putih, dengan cara yang sama seperti bikin Tepung Beras. Sifatnya lebih liat dan kenyal daripada Tepung Beras. Umum dipake pada kue-kue tradisional khas Indonesia seperti onde-onde, getas, putri mandi, opak, kue bugis dll. Yang lagi ngetrend adalah Bolu Kukus Ketan Hitam.

Tepung Roti - Tepung Panir - Bread Crumb - Panko Flour
Tepung roti dibuat dari roti tawar yang dikeringkan & ditumbuk, aliyas tepung panir. Umum dipake sebagai coating pada gorengan seperti risoles, biterballen, kroket. Versi yang kasar, di Jepang disebut Panko, untuk melapisi aneka Katsu dan kadang2 juga dipake untuk Tempura agar lebih crispy. Bagus juga untuk kroket mopun risol dan aneka gorengan lainnya, hasilnya garing dan renyah daripada tepung panir biasa yang berbutir halus. Orang bule nyebutnya Bread Crumb, selain dari roti tawar mereka juga bikin breadcrumb dari crackers.

Tepung Hunkwe - Tepung Kacang Hijau - Mungbean Flour
Kalo di Indonesia biasa dipake untuk kue tradisional seperti Puding Hunkwe, Kue Cantik Manis, Nagasari Hunkwe sampe Es Cendol. Menjadi bahan baku pembuatan soun ato vermicelli.

Tepung Garut – tepung Ararut - Arrowroot Flour
Umbi garut (masuk keluarga talas, cmiiw) yang diparut-kasi air-disaring dan endapannya dikeringkan lalu dihaluskan/diayak menjadi tepung garut. Karakter tepungnya antara kanji dengan sagu. Bikin cookies jadi renyah, dan melembutkan cake. Banyak dipake untuk kue semprit, seperti halnya Tepung Sagu. Kadang-kadang kalo di TBK disebut "Tepung Larut". Ini kalo orang bule nyebutnya arrowroot aliyas ararut

Dan banyak lagi jenis-jenis tepung lain seperti tepung kentang, tepung wortel. Hm… Kenapa nggak buat tepung daging sekalian ya? Jadi praktis kan kalau mau buat bakso… :D


Catatan:
Cara pembuatan gluten: tepung terigu (khususnya jenis protein tinggi) diuleni dengan air hingga kalis, lalu direndam beberapa lama dan dicuci berulang2 sehingga didapat gumpalan gluten. Air cucian gluten ini mengandung endapan pati dengan kandungan protein yang sangat minim nyaris nol.

Ps: karena ini bukan blog tentang memasak, jadi pembahasan tentang tepungnya nggak detail sekali.

Sumber:
http://theoelin.multiply.com/journal/item/12/Macam-macam_Tepung
http://ncc.blogsome.com/2006/04/17/info-bahan-macam-macam-tepung/#more-205
http://belajarbikinkue.wordpress.com/


Klik untuk membaca lanjutannya

6 komentar

Menyibak Pengetahuan dalam Hijau

Belajar di Taman,yuk!!

Kesempurnaan dan ketepatan,membuat hidup kita terpola menjadi bagian-bagian sistematis yang mudah dipahami dan dijalani. Begitu nikmatnya hidup dalam keteraturan dan kesempurnaan. Namun terkadang kekakuan dalam kesempurnaan sistem terasa amat menjemukan dan membosankan. Mungkin itulah yang dialami oleh beberapa siswa yang selalu belajar di dalam kelas.

Selalu melihat ruangan yang sama, itulah penyebab kejenuhan dalam belajar. Setiap hari, sejak mentari baru bersemai diufuk timur sana, hingga ia mau kembali ke buaiannya. Kita selalu memandang “sesuatu” yang statis di kelas. Papan tulis persegi yang sama. Meja coklat kuku yang sama. Dinding krem atau putih yang sama. Buku yang sama, lantai kelabu yang sama, atau pelajaran yang sama.

Mungkin sebagian siswa akan berkata
“Ah, sekolah kan memang seperti itu. Belajar ya di dalam kelas.”
atau...
“kelas yang umum dan normal kan seperti itu…..”
“ kalau aturannya sudah kayak gitu,mau gimana lagi??”

Sebenarnya ada beberapa cara agar belajar didalam kelas tidak terasa membosankan misalkan saja menghias ruang kelas atau melukis dinding kelas dengan pemandangan yang indah. Walaupun begitu, setelah berkali-kali melihat kelas yang sama, kembali datang perasaan bosan. Kelas itu menjadi tidak seistimewa seperti saat pertama kali melihatnya.

Jadi...

mengapa kita harus bersusah payah menghadirkan imitasi alam diruang kelas jika ada alam yang sesungguhnya?

So,belajar di alam adalah salah satu cara efektif untuk menghilangkan kejenuhan. Burung yang berkicau bagai Simfoni D Mayor Mozart, menari dari dahan ke dahan lain, dan melompat terbang bak balerina. Hijau daun dan rerumputan yang menyanyikan senandung tentang kesegaran, membawa kita melayang dalam imaji dunia mimpi. Langit yang Maha luas dengan awan cumulus putih yang melayang bak jiwa-jiwa pengelana. Ditampah pula melodi riak air yang mengalir dan menggema hingga ke dasar hati.

Suasana taman yang indah,dan teratur membuat proses belajar kita menjadi lebih santai dan nyaman. Seperti taman yang ada disekolahku. Selain dekorasi outdoornya yang cukup menarik, taman ini juga dilengkapi dengan meja dan bangku yang menyerupai batang pohon. Meja dan kayu ini biasa digunakan untuk mengobrol saat istirahat, atau mengerjakan tugas saat jam kosong. Bahkan, terkadang juga digunakan saat ulangan.^^ Asik kan?.

Belajar ditaman, di alam, atau di luar kelas boleh-boleh saja. Tapi jangan terlalu sering. Karena jika kita terlalu sering belajar ditaman, lama kelamaan kita akan menjadi jenuh dan bosan. Dan akhirnya bukan belajar, kita malah asik mengobrol. Jadi sekali-sekali mintalah pada guru agar belajar diluar atau outdoor agar pikiran kita kembali segar. Ilmunya dapet,asiknya dapet,segernya dapet…..



Klik untuk membaca lanjutannya

0 komentar

Minggu, 07 Februari 2010

Hitam di Tengah Kelam Angkasa

Minggu, 07 Februari 2010
Banyak misteri bertebaran, berkeliaran, bermain, berkejaran di angkasa nun jauh. Mereka menunggu sembari mengerlip merayu untuk didekati dan disingkap. Misteri yang menyimpan rahasia kehidupan berjuta-juta tahum lalu, ataupun misteri yang mengemban rahasia masa depan umat manusia.

Salah satu misteri angkasa yang sangat menarik untuk dikupas dan dibahas dengan tuntas sampai ke akar-akarnya adalah lubang hitam, atau bahasa kerennya adalah blackhole. Nah Lubang hitam di tengah hitamnya angkasa ini selalu menarik hati para astronom, bahkan orang awam sekalipun. Banyak sekali bagian yang menggelitik dari lubang hitam, merangsang manusia untuk berfikir lebih jauh lagi.

Sebenarnya apa itu lubang hitam? Bagaimana bisa terbentuk lubang hitam? Kenapa ada lubang hitam? Bisakah kita masuk ke lubang hitam? Harta apakah yang tersembunyi di balik lubang hitam? Hm..Hm.. *berpikir*

astronom meyakini sebagian besar (mungkin 90% atau lebih) materi di alam semesta tidak terdeteksi dengan teleskop besar sekalipun. Itulah yang dinamakan dark matter (materi gelap). Mereka tidak tampak, walaupun diyakini keberadaanya secara tidak langsung. Salah satu kelompok materi gelap itu adalah black hole. Black hole adalah sebuah massa yang sangat pepat atau sangat padat, hingga gravitasinya luar biasa besarnya. Cahaya pun tertarik oleh medan gravitasinya. *kok bisa?* karena menurut teori Planck, cahaya bersifat dualism. Jadi gelombang atau dalam hal ini adalah cahaya, dapat berlaku sebagai partikel, dan sebaliknya partikel dapat berlaku sebagai gelombang. Begitu hebatnya gaya tarik blackhole ini sampai-sampai bila ada planet atau bintang yang ada di dekatnya, maka ia akan tertarik dengan gravitasi yang amat dahsyat.

Black hole bisa terbentuk dari inti bintang raksasa yang meledak sebagai supernova. Bagian luarnya tampak hancur berhamburan ke luar, tetapi intinya memadat ke dalam. Kepadatan black hole dapat diumpamakan bila bola matahari yang berdiameter 1,4 juta km (109 kali diameter bumi) dan bermassa 2 milyar milyar milyar (dengan 27 angka nol atau sepuluh pangkat 27) ton dimampatkan hingga diameternya hanya 3 km. (siklus lengkap matahari bisa di lihat di postingan sebelumnya)

Akankah bumi atau matahari menjadi lubang hitam?

Tidak, yang jelas bumi adalah sebuah planet, bukan bintang. Jadi bumi ukurannya relatif tetap dan tidak tumbuh seperti matahari. Lubang Hitam tercipta ketika suatu obyek tidak dapat bertahan dari kekuatan tekanan gaya gravitasinya sendiri. Matahari tidak akan menjadi lubang hitam karena tekanan gravitasi pada matahari tidak mencukupi untuk melampaui kekuatan atom dan nuklir dalam dirinya yang sifatnya melawan tekanan gravitasi. Tetapi sebaliknya untuk obyek yang bermassa sangat besar, tekanan gravitasi-lah yang menang.

Massa dari lubang hitam terus bertambah dengan cara menangkap semua materi didekatnya. Semua materi tidak bisa lari dari jeratan lubang hitam jika melintas terlalu dekat. Jadi obyek yang tidak bisa menjaga jarak yang aman dari lubang hitam akan terhisap. Berlainan dengan reputasi yang disandangnya saat ini yang menyatakan bahwa lubang hitam dapat menghisap apa saja disekitarnya, lubang hitam tidak dapat menghisap material yang jaraknya sangat jauh dari dirinya. dia hanya bisa menarik materi yang lewat sangat dekat dengannya. Contoh : bayangkan matahari kita menjadi lubang hitam dengan massa yang sama. Kegelapan akan menyelimuti bumi dikarenakan tidak ada pancaran cahaya dari lubang hitam, tetapi bumi akan tetap mengelilingi lubang hitam itu dengan jarak dan kecepatan yang sama dengan saat ini dan tidak terhisap masuk kedalamnya. Bahaya akan mengancam hanya jika bumi kita berjarak 10 mil dari lubang hitam, dimana hal ini masih jauh dari kenyataan bahwa bumi berjarak 93 juta mil dari matahari. Lubang hitam juga dapat bertambah massanya dengan cara bertubrukan dengan lubang hitam yang lain sehingga menjadi satu lubang hitam yang lebih besar.

Lalu harta apakah yang berada di dalam lubang hitam? Jawabannya wallahu a’lam. Yang jelas belum ada seorang pun yang berhasil keluar dengan selamat dari lubang hitam. Begitu kita masuk ke dalamnya, setiap materi dari tubuh kita akan terurai dan tercabik-cabik menjadi partikel-partikel kecil karena perbedaan grafivasi yang sangat mencolok pada setiap satuan jarak. Mungkin kita bisa saja selamat jika tubuh kita mempunyai elastisitas yang tak terhingga *kayak luffy kali ya…*

Referensi:
http://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Istimewa:Kutip&page=Lubang_hitam&id=2755700
T.Djamaluddin. Blackhole. www.isnet.org/
Fisika for University jilid 1
Klik untuk membaca lanjutannya

4 komentar

Rabu, 20 Januari 2010

NEWTON VS EINSTEIN

Rabu, 20 Januari 2010
Diskusi Interaktif Dua Master Fisika, Newton VS Einstein

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata relativitas? Mungkin beberapa dari kita akan menjawab, “Relativitas itu kan teorinya Einstein,” atau “relatif itu kan gerak suatu benda yang relatif terhadap tinjauan pengamat” *ah, terlalu berat untuk dibahas di blog ini*. Yang jelas, menurut saya, teori relativitas itu terdengar keren. Lihat saja dari bahasanya “Relativitas” terdengar sulit, ilmiah, dan asing. Begitulah menurut saya ketika masih SMP.

Kembali ke pokok permasalahan, sekarang saya akan menghadirkan diskusi interaktif antarpakar Fisika terkenal dari masa lalu, Sir Isaac Newton dan Albert Einstein. Bagaimanakah pendapat mereka berdua tentang relativitas?

Klik untuk membaca lanjutannya

6 komentar

Minggu, 10 Januari 2010

Kopi Luwak, Kopi Ajaib

Minggu, 10 Januari 2010

Kopi, minuman yang populer dan sangat diminati di berbagai belahan dunia. Ada kenikmatan tersendiri bagi sebagian besar orang saat menyeduh secangkir kopi panas. Menyeduh secangkir kopi hangat di beranda rumah saat hujan sedang turun sembari bercengkrama bersama keluarga. Hm… Hangat, dan menyebabkan mata lebih melek!

******
Berawal dari les biologi di sekolah pada tanggal 4 januari 2010…. Ternyata hanya percakapan singkat yang dilakukan dengan mencuri-curi saat pelajaran pun bisa menghasilkan pelajaran dan pengtahuan baru.

Bioteknologi dapat juga digunakan untuk mengolah kopi dan teh.” Terang guruku dengan suaranya yang tegas dan jelas.
Selama ini kalian pasti cuma tahu kopi yang sudah jadi serbuk, iya kan? Yang sudah dicampur gula, susu, iya kan? Asal kalian tahu, dalam pembuatannya menjadi bubuk kopi, biji kopi harus difermentasikan dulu.” Tambahnya.

“Ternyata kopi harus difermentasikan dulu tho?” tanyaku pada teman sebangkuku. “Kukira cuma ditumbuk terus jadi…”

“Payah kamu, ya jelas enggak lah…” jawabnya, menyadari keminiman pengetahuan teman duduknya. ”Eh, tahu kopi luwak?” tanya si Opy.

“Tahu lah.. Yang mahal itu thoh.. Yang sekarang jadi tambah jarang karena luwak makin langka.” Jawabku dengan pengetahuan ala kadarnya.

“Kopi luwak kae, le mbuat aneh lho. Luwak disuruh makan kopi, trus ntar fesesnya (baca:kotoran) yang keluar itu yang diolah jadi kopi.”

“Hah? Gitu po? Kok aku pernah baca kalau kopi luwak itu dibuat dari biji kopi yang sudah dimakan biji luwak. Dalam gambaranku, kukira biji kopi itu digigit oleh luak karena sudah matang dan kualitasnya bagus. Kayak kalong makan buah gitu deh…”

“Bukan. Yang dimaksud *biji kopi yang sudah dimakan* bukan digigit, itu kopinya sudah dimakan! Dimakan! Bukan cuma digigit. Aku liat di tipi!”

“Jadi… Sama saja minum kotoran luwak donk… Yaiks! Trus kok bisa gitu sih?”

Jadi, kenapa harus difermentasikan? Itu untuk menghilangkan getah dari biji kopi..

******

Kopi telah menjadi sesuatu yang aditif bagi sebagian orang selain merokok. Dan sebagian besar orang yang sudah terlanjur jauh cinta biasanya tidak menghiraukan dampak negatifnya. Seperti kopi, banyak pencinta kopi yang minum kopi sangat kental setiap hari, padahal kopi mengandung kafein yang kurang bagus untuk kesehatan.
Para pencinta kopi menyukai kopi-kopi berkualitas tinggi, mulai dari kopi Arabica, Yamen Mocha, Java, ataupun Oxaca. Negara kita, Indonesia, sebagai negara ke-tiga penghasil kopi terbesar di dunia juga mempunyai jenis kopi unggulan. Tiga jenis kopi itu adalah kopi Sumatera (Mandheling Lintong), kopi Sulawesi, dan kopi Luwak.

Espresso atau dopio (double espresso) bahan dasarnya adalah kopi Sumatera. Tanaman kopi yang hidup di dataran tinggi ini menghasilkan bijih kopi yang memiliki aroma tajam, kuat, dan agak asam. Sedangkan bagi para penggemar Star Bucks. Kedai kopi kenamaan dunia, yang memiliki tak kurang 100 outlet yang tersebar di tiap negara, pasti tidaklah asing dengan rasa kopi Sulawesi. Kopi Sulawesi, yang lebih dikenal di luar negeri dengan sebutan Kopi Kampung ini digunakan oleh Star Buck sebagai bahan baku meracik ragam minuman mereka. Mulai dari Latte macchiato, Viennese roast, Hazelnut chereme, dll. Saking tingginya permintaan dari jepang, Star Buck bahkan rela merogoh kocek mereka demi mematenkan kopi Sulawesi ini. Ternyata kuliner Indonesia memang hebat!!

Masuk ke bahasan utama yaitu kopi luwak!


Seperti yang sudah dibahas pada prolog tulisan ini, proses pemetikan biji kopi Luwak sangat aneh. Kopi pada umumnya dipanen terlebih kemudian bijinya dipetik bila sudah matang. Sedangkan, proses pemetikan kopi Luwak, boleh dibilang agak sedikit menjijikan. Dimana bila biji kopi telah matang, para petani melepas Luwak (sejenis musang atau civet) untuk memakan biji – biji yang berjatuhan. Setelah itu mereka menunggu para Luwang tersebut membuang kotoran. Nah ! biji kopi yang keluar bersamaan dengan kotoran Luwak itulah yang diambil untuk diproses lebih lanjut.

Banyak kalangan yang menyangsikan cara fermentasi sepeti ini. Namun, para peneliti riset di Kanada membuktikan, bahwa kandungan protein yang ada di perut Luwak, membuat biji kopi berfermentasi dan matang lebih sempurna. Sehingga, rasa yang dihasilkan jauh lebih enak dan padat dibandingkan kopi – kopi yang lain.

Kopi Luwak sudah masuk ke dalam daftar kopi paling dinikmati dan paling dicari. Harganya di pasaran dunia melambung tinggi. 635 U.S dollar harus dikeluarkan untuk mendapatkan 1 kg kopi Luwak. Di Amerika sendiri, untuk mencicipi kopi Luwak, kita harus merogoh kocek sebesar 50 U.S dollar, bila di kurs ke rupiah, harganya berkisar kurang lebih 400 – 500 ribu rupiah. HANYA UNTUK SATU CANGKIR! Angka yang fantastis hanya untuk meneguk secangkir kopi.

Rasanya, bila berbicara tentang kopi Luwak, orang sudah tak lagi bicara soal mitos. Mitos ataupun bukan, Kopi Luwak asal Indonesia ini sudah terlanjur go- internasional, dan menyandang gelar sebagai kopi termahal dan teraneh di dunia.
******
Wah, wah… Ternyata kopi Luwak memang sudah sangat terkenal. Walaupun begitu aku sendiri jarang sekali minum kopi, apalagi kopi luwak. Entah kenapa ada dorongan untuk mengonsumsi terlalu banyak kafein.

Pertama kali coba minum kopi di rumah teman, “ugh, pait! Nggak enak.” Tapi setelah beberapa kali minum, lidah ini jadi terbiasa… Dan ternyata enak juga. (dengan catatan: kopi harus dibuat dengan konsentrasi rendah dan diberi gula, hehe) Tapi…, tahu sendiri kan? Terlalu banyak kafein itu ndak baik untuk kesehatan.
Waktu coba tanya ke ayah tentang kopi Luwak, ternyata dia nggak begitu tahu. Dan setelah aku cerita, komentarnya: “Untuk aku ora tau ngombe kopi Luwak.”

referensi: dari http://id.shvoong.com/f/tags/kopi-luwak-%3A-termahal-dan-teraneh-dari-indonesia
Klik untuk membaca lanjutannya

3 komentar

Minggu, 03 Januari 2010

The Gingaroad of 2009

Minggu, 03 Januari 2010
2009 in memoriam

Januari
  • Awal tahun 2009 yang mendebarkan, penuh perjuangan dan tantangan. Setelah semalaman terus berjalan dari Pajangan, Bantul sampai kulon progo untuk menjemput Kiskendo dan menikmati terompet tahun baru di tengah kemurnian gua itu. Tapi ternyata kita malah menikmati percik kembang api di pinggir jalan. Awal tahun baru yang harus dimulai dengan berjalan menempuh 13 km yang belum selesai. So hari itu terisi dengan perjuangan menaklukkan kaki yang lelah minta pijit dan makan mie hasil survival mbakar blarak.
  • liburan semester yang penuh dengan kegiatan dolan-dolan. Bersama temen atopun keluarga. 
    • Ke Pantai Kukup dan Baron(Gunung Kidul) ,
    • ke waduk Wadaslintang (Jateng)
    • Bakar bakaran dan prom night di rumah simbah Erni (sanden)
    • Perjalanan satu tahun (Pajangan-Kiskendo) dll.
  • kembali ke sekolah dan asik berorganisasi, jadi MPK yang perfeksionis dan evaluator yang kritis. Jadi anak ambalan yang santai, periang, penuh semangat, dan selalu bersenang-senang. Jadi PMR yang siap menolong siapa saja... (Bah, CPR aja blom expert)
Februari
  • kembali ke rutinitas sekolah yang seperti es campur. Harus pintar-pintar membelah diri, jadi siswa yang baik, jadi seorang organisator yang kritis, jadi anak yang baik, and jadi warga kelas yang brutal.
  • kena kasus terbesar pertama dalam hidupku. Entah mengapa Pandora selalu mengikutiku dan membayangiku untuk membukanya.
  • menemukan hobi baru, tidur di kursi ruang BK yang empuk. (ah, jadi ingat hutang yang belum terlunasi…)
  • menemukan kakak seperguruan baru, Senior.
  •  
Maret
  • Ujian mid semester dateng juga. Hasilnya amat sangat tak disangka. Well, mosok aku rengkeng 3 paralel. Well done… Padahal sering gak ikut pelajaran.
  • Ah, perjuangan yang tidak sia-sia. Akhirnya dapet jua penghargaan dalam lomba blog by AKPRIND Yogyakarta sebagai The Best Konten.


April
  • Berwisata ke Pulau Dewata dan sekaligus merayakan ultah di sono. Dicegurkan di pantai kute yang airnya berasa asin-asin tipak bule yang pake bikini. Dan sebagai tindakan balas dendam, ganti mencegurkan teman-teman lain. (Sorry for Novika, Kuni, Halida, Tika, Pris, sopo maning ya?)
  • Ikut seleksi OSK (Olimpiade Sains Kabupaten), dan hasilnya very bad. Mosok no 5 and cuma jadi passing grade provinsi, padahal tahun kemaren no 2. Ironisnya lagi, padahal waktu try out aku no.1. But nope, semua itu sudah berlalu. Ya kan? Ya kan?

Mei
  • Pergi meninggalkan seekolah, temen-temen, and keluarga karena ikut pembinaan OSP. Padahal banyak makan, tapi malah kena magh. Argh!!!
  • Bertemu dengan orang-orang baru yang hebat.
    • Seorang penari yang pintar fisika (Y***)
    • seorang ketua kelas yang sangat ingin menjadi Hokage (kepala desa, bener kan?)
    • seorang pembalap yang fisikawan,
    • seorang penulis yang juga lolos ke nasional (si Bozz)
    • teman lama, seorang novelis yang dapet medali OSN Fisika (si Ahmad Ataka Awalur Rizki), hebat kan? Novelnya: Misteri Pembunuhan Penggemar Harry Potter, Novel Trilogi “Pedang Skinheald”. (Kapan-kapan aku buat resensinya deh….)
Juni
  • Nggak ikut ulangan umum semester hari pertama sampai ke tiga karena harus ikut seleksi OSP. Sambil bersakit-sakit ria tetap tersenyum saat ngerjakan soal OSP. Bukan karena bisa, tapi menertawai diri sendiri yang sakit di saat-saat yang penting.
  • Harus ikut susulan ulangan umum bareng temen-temen lain yang iktut OSP. Well, susah juga. Kita kan dua minggu sebelum Ulangan Umum nggak ikut pelajaran karena pembinaan. Belum lagi tugas-tugas yang belum dikumpulkan dan susulan ulangan harian. Benar-benar hari yang penuh ulangan susulan.
  • Rapot yang lumayan bagus mengingat seringnya aku nggak ikut pelajaran karena berbagai sebab. Thanks God, Thank Bapak Ibu guru yang selalu membina muridmu yang nakal ini, Thanks Bapak Ibu di rumah, Thanks temen-temen, thanks semuanya!!
Juli
  • Naik kelas 3 and harus berpisah ma temen-temen di IPA 2. Harus beradaptasi bagai bunglon di kelas yang baru. (Akhirnya berhasil sekelas sama mb Lia… Hoho…). Kelas baru yang bener-bener gabungan dari berbagai jenis orang.
  • Di kelas yang baru banyak orang Westprog-nya :D (Aku, Mb Lia, Halida, Karno, Ucok, Maylina, Devita) Jadi nggak ditindas lagi oleh wawan cs.

Agustus
  • Merasakan semangat baru di kelas yang baru.
  • Puasa yang penuh dengan buber di mana-mana. Uang pun mengalir dengan derasnya

September
  • Lebaran yang penuh dengan perjalanan. Ke rumah simbah di Kebumen, ke rumah Pakdhe di Blora, keliling, ke sekolah buat syawalan ambalan, dll.
  • Foto-foto buat buku tahunan, berasa jadi artis mendadak
  • Lebaran yang indah dan sangat bermakna

Oktober
  • Lagi-lagi pemenang favorit. Kapan ya jadi the real winner?
  • mendapatkan sebuah pelajaran baru, "Mending dapaet buku, dari pada nggak dapet apa-apa)


November
  • Hasil mid semester yang ancur. Angka Sembilan tersenyum (bukan tertawa) untuk *********, dan terpaksa jadi peringkat 5 di kelas dan 8 paralel. Hoa ha.. ha… Biar saja, hidup bikan untuk nilai. Salah sendiri gak pernah belajar.
  • Lagi-lagi no 4 (padahal juaranya ampe 3). Gak papa its okay… Pemula emang gitu…


Desember
  • Perjuangan untuk mencetak nilai akhir yang ciamik. (emang ngapain aja?)
  • Nilai Rapot yang lumayan… Gak jadi remidi Biologi, Hore!!! Hore!! Hore!!!
  • Dengkul terluka gara-gara jatuh waktu suting film documenter. Sudah jatuh tertimpa ‘tangga’. Selama beberapa hari nggak bisa beraktivitas dengan normal karena luka yang perih kalau kaki di gerakkan. Kalau jalan harus nyamping atau ngesot. (keren kan?) Cuma gara-gara jatuh loh… *tersenyum bangga*
  • Kejutan yang manis di akhir desember... Alhamdulillah :)
Klik untuk membaca lanjutannya

3 komentar