Sample Text

Life is like a ferris wheel. Sometimes growin up to the sky, sometimes fallin to the ground. But no matter what happened, its always interesting to be enjoyed. Because life is never ending adventure

Kamis, 11 Maret 2010

Untuk Para Pejuang

Kamis, 11 Maret 2010
Ujian Nasional tahun 2009 telah berlalu, meninggalkan kegembiraan bagi segelintir siswa SMA yang berhasil lulus dengan nilai memuaskan. Menyisakan penyesalan yang dalam bagi sebagian siswa yang lulus dengan nilai kurang memuaskan. Menyisakan kemelut dan kesedihan bagi siswa yang gagal dan tidak lulus.


Ujian Nasional yang merupakan akhir perjuangan di SMA, merupakan sebuah pintu gerbang untuk melnjutkan sebuah perjuangan baru. Sebuah perjuangan untuk dapat menempuh pendidikan di jenjang perguruan tinggi. Hidup ini terdiri dari ujian-ujian, dan perjuangan-perjuangan yang tiada habisnya. Namun, semua itu akan kembali kepada Sang Pencipta. Ujian yang kita hadapi di dunia ini, hanyalah ujian-ujian kecil untuk mendapatkan kehidupan yang kekal abadi.



Dan kini, ujian Nasional Tahun 2010 telah datang, menungguku di ujung jalan sana. Tahun lalu, mungkin aku hanya bisa mendoakan para kakak kelas yang berjuang menghadapi tumpukan soal berjibun yang mereka kerjakan setiap hari. Tahun lalu, mungkin aku hanya bisa membayangkan kelelahan dan kejenuhan yang mereka hadapi setiap hari. Tahun lalu, mungkin aku hanya bisa memandang mereka yang mengerjakan soal-soal try out sejak pagi hingga sore. Tapi tahun ini, tahun ini adalah tahunku. It’s my show time!

Aku merasakannya! Merasakan “silaunya” pelajaran tambahan, merasakan “pegalnya” berpuluh try out, dan merasasakan aroma kejenuhan yang hampir sama. Well, sebenarnya tidak seburuk itu. Semua hal akan menjadi mudah jika kita melakukannya dengan hati yang senang. Nah, berikut ini ada tips buat para siswa yang sedang duduk di tahun terakhir.. 

Belajar secara rutin.
Hal yang tepat dilakukan adalah belajar secara sedikit demi sedikit namun rutin, bukan belajar semalaman namun hanya sekali saja. Sedikit tips, malam sebelum hari H ujian, lebih baik hanya membuka-buka buku saja. Jangan mengerjakan soal yang sulit-sulit karena itu akan berpengaruh ke psikis kita. Jika memungkinkan, jangan belajar sama sekali di malam hari H. Gunakan waktu itu untuk refreshing saja agar pikiran menjadi segar.

Ingat Impian
Hm.. Masalah yang sering kita hadapi adalah MALAS belajar. Nah, saat rasa malas menyerang, sebaiknya kita mengingat kembali impian kita. Impian adalah motivasi terbesar kita, bahkan impian mampu membuat hal yang mustahil dilakukan menjadi hal yang mudah dilakukan. (Sebagai referensi, bisa baca novel sang Pemimpi karya Andrea Hirata ^^)
   

Mendekatkan diri pada tuhan
Seteah semua persiapan duniawi siap (belajar, mood yang baik, mental yang kuat, dan alat tulis yang lengkap tentumya), ada persiapan lain yang tak kalah pentingnya, yaitu mendekatkan diri pada tuhan. Ingatlah bahwa Allah selalu membantu hambanya yang sedang berada dalam kesusahan.

Refreshing
Setelah semua persiapan siap, saatnya kita merelaxkan pikiran. Mendengarkan music, jalan-jalan, atau olah raga merupakan aktivias yang baik untuk mengendurkan ketegangan syaraf otak. Jangan sampai belajar terus karena tubuh dan mental kita akan cepat lelah.

Nah, itu tadi sedikit tips yang biasanya terlewatkan dalam tips-tips yang lain. Semoga bermanfaat, dan biarkan takdir memainkan peranannya.^^


2 komentar:

http://popyALY.blogspot.com. mengatakan...

two thumb up.

kutupa mengatakan...

thanks

Poskan Komentar

Tulis kritik, saran, ato komentar sesuka kamu^^