Sample Text

Life is like a ferris wheel. Sometimes growin up to the sky, sometimes fallin to the ground. But no matter what happened, its always interesting to be enjoyed. Because life is never ending adventure

Minggu, 07 Maret 2010

Menyibak Pengetahuan dalam Hijau

Minggu, 07 Maret 2010
Belajar di Taman,yuk!!

Kesempurnaan dan ketepatan,membuat hidup kita terpola menjadi bagian-bagian sistematis yang mudah dipahami dan dijalani. Begitu nikmatnya hidup dalam keteraturan dan kesempurnaan. Namun terkadang kekakuan dalam kesempurnaan sistem terasa amat menjemukan dan membosankan. Mungkin itulah yang dialami oleh beberapa siswa yang selalu belajar di dalam kelas.

Selalu melihat ruangan yang sama, itulah penyebab kejenuhan dalam belajar. Setiap hari, sejak mentari baru bersemai diufuk timur sana, hingga ia mau kembali ke buaiannya. Kita selalu memandang “sesuatu” yang statis di kelas. Papan tulis persegi yang sama. Meja coklat kuku yang sama. Dinding krem atau putih yang sama. Buku yang sama, lantai kelabu yang sama, atau pelajaran yang sama.

Mungkin sebagian siswa akan berkata
“Ah, sekolah kan memang seperti itu. Belajar ya di dalam kelas.”
atau...
“kelas yang umum dan normal kan seperti itu…..”
“ kalau aturannya sudah kayak gitu,mau gimana lagi??”

Sebenarnya ada beberapa cara agar belajar didalam kelas tidak terasa membosankan misalkan saja menghias ruang kelas atau melukis dinding kelas dengan pemandangan yang indah. Walaupun begitu, setelah berkali-kali melihat kelas yang sama, kembali datang perasaan bosan. Kelas itu menjadi tidak seistimewa seperti saat pertama kali melihatnya.

Jadi...

mengapa kita harus bersusah payah menghadirkan imitasi alam diruang kelas jika ada alam yang sesungguhnya?

So,belajar di alam adalah salah satu cara efektif untuk menghilangkan kejenuhan. Burung yang berkicau bagai Simfoni D Mayor Mozart, menari dari dahan ke dahan lain, dan melompat terbang bak balerina. Hijau daun dan rerumputan yang menyanyikan senandung tentang kesegaran, membawa kita melayang dalam imaji dunia mimpi. Langit yang Maha luas dengan awan cumulus putih yang melayang bak jiwa-jiwa pengelana. Ditampah pula melodi riak air yang mengalir dan menggema hingga ke dasar hati.

Suasana taman yang indah,dan teratur membuat proses belajar kita menjadi lebih santai dan nyaman. Seperti taman yang ada disekolahku. Selain dekorasi outdoornya yang cukup menarik, taman ini juga dilengkapi dengan meja dan bangku yang menyerupai batang pohon. Meja dan kayu ini biasa digunakan untuk mengobrol saat istirahat, atau mengerjakan tugas saat jam kosong. Bahkan, terkadang juga digunakan saat ulangan.^^ Asik kan?.

Belajar ditaman, di alam, atau di luar kelas boleh-boleh saja. Tapi jangan terlalu sering. Karena jika kita terlalu sering belajar ditaman, lama kelamaan kita akan menjadi jenuh dan bosan. Dan akhirnya bukan belajar, kita malah asik mengobrol. Jadi sekali-sekali mintalah pada guru agar belajar diluar atau outdoor agar pikiran kita kembali segar. Ilmunya dapet,asiknya dapet,segernya dapet…..




0 komentar:

Poskan Komentar

Tulis kritik, saran, ato komentar sesuka kamu^^