Sample Text

Life is like a ferris wheel. Sometimes growin up to the sky, sometimes fallin to the ground. But no matter what happened, its always interesting to be enjoyed. Because life is never ending adventure

Minggu, 07 Februari 2010

Hitam di Tengah Kelam Angkasa

Minggu, 07 Februari 2010
Banyak misteri bertebaran, berkeliaran, bermain, berkejaran di angkasa nun jauh. Mereka menunggu sembari mengerlip merayu untuk didekati dan disingkap. Misteri yang menyimpan rahasia kehidupan berjuta-juta tahum lalu, ataupun misteri yang mengemban rahasia masa depan umat manusia.

Salah satu misteri angkasa yang sangat menarik untuk dikupas dan dibahas dengan tuntas sampai ke akar-akarnya adalah lubang hitam, atau bahasa kerennya adalah blackhole. Nah Lubang hitam di tengah hitamnya angkasa ini selalu menarik hati para astronom, bahkan orang awam sekalipun. Banyak sekali bagian yang menggelitik dari lubang hitam, merangsang manusia untuk berfikir lebih jauh lagi.

Sebenarnya apa itu lubang hitam? Bagaimana bisa terbentuk lubang hitam? Kenapa ada lubang hitam? Bisakah kita masuk ke lubang hitam? Harta apakah yang tersembunyi di balik lubang hitam? Hm..Hm.. *berpikir*

astronom meyakini sebagian besar (mungkin 90% atau lebih) materi di alam semesta tidak terdeteksi dengan teleskop besar sekalipun. Itulah yang dinamakan dark matter (materi gelap). Mereka tidak tampak, walaupun diyakini keberadaanya secara tidak langsung. Salah satu kelompok materi gelap itu adalah black hole. Black hole adalah sebuah massa yang sangat pepat atau sangat padat, hingga gravitasinya luar biasa besarnya. Cahaya pun tertarik oleh medan gravitasinya. *kok bisa?* karena menurut teori Planck, cahaya bersifat dualism. Jadi gelombang atau dalam hal ini adalah cahaya, dapat berlaku sebagai partikel, dan sebaliknya partikel dapat berlaku sebagai gelombang. Begitu hebatnya gaya tarik blackhole ini sampai-sampai bila ada planet atau bintang yang ada di dekatnya, maka ia akan tertarik dengan gravitasi yang amat dahsyat.

Black hole bisa terbentuk dari inti bintang raksasa yang meledak sebagai supernova. Bagian luarnya tampak hancur berhamburan ke luar, tetapi intinya memadat ke dalam. Kepadatan black hole dapat diumpamakan bila bola matahari yang berdiameter 1,4 juta km (109 kali diameter bumi) dan bermassa 2 milyar milyar milyar (dengan 27 angka nol atau sepuluh pangkat 27) ton dimampatkan hingga diameternya hanya 3 km. (siklus lengkap matahari bisa di lihat di postingan sebelumnya)

Akankah bumi atau matahari menjadi lubang hitam?

Tidak, yang jelas bumi adalah sebuah planet, bukan bintang. Jadi bumi ukurannya relatif tetap dan tidak tumbuh seperti matahari. Lubang Hitam tercipta ketika suatu obyek tidak dapat bertahan dari kekuatan tekanan gaya gravitasinya sendiri. Matahari tidak akan menjadi lubang hitam karena tekanan gravitasi pada matahari tidak mencukupi untuk melampaui kekuatan atom dan nuklir dalam dirinya yang sifatnya melawan tekanan gravitasi. Tetapi sebaliknya untuk obyek yang bermassa sangat besar, tekanan gravitasi-lah yang menang.

Massa dari lubang hitam terus bertambah dengan cara menangkap semua materi didekatnya. Semua materi tidak bisa lari dari jeratan lubang hitam jika melintas terlalu dekat. Jadi obyek yang tidak bisa menjaga jarak yang aman dari lubang hitam akan terhisap. Berlainan dengan reputasi yang disandangnya saat ini yang menyatakan bahwa lubang hitam dapat menghisap apa saja disekitarnya, lubang hitam tidak dapat menghisap material yang jaraknya sangat jauh dari dirinya. dia hanya bisa menarik materi yang lewat sangat dekat dengannya. Contoh : bayangkan matahari kita menjadi lubang hitam dengan massa yang sama. Kegelapan akan menyelimuti bumi dikarenakan tidak ada pancaran cahaya dari lubang hitam, tetapi bumi akan tetap mengelilingi lubang hitam itu dengan jarak dan kecepatan yang sama dengan saat ini dan tidak terhisap masuk kedalamnya. Bahaya akan mengancam hanya jika bumi kita berjarak 10 mil dari lubang hitam, dimana hal ini masih jauh dari kenyataan bahwa bumi berjarak 93 juta mil dari matahari. Lubang hitam juga dapat bertambah massanya dengan cara bertubrukan dengan lubang hitam yang lain sehingga menjadi satu lubang hitam yang lebih besar.

Lalu harta apakah yang berada di dalam lubang hitam? Jawabannya wallahu a’lam. Yang jelas belum ada seorang pun yang berhasil keluar dengan selamat dari lubang hitam. Begitu kita masuk ke dalamnya, setiap materi dari tubuh kita akan terurai dan tercabik-cabik menjadi partikel-partikel kecil karena perbedaan grafivasi yang sangat mencolok pada setiap satuan jarak. Mungkin kita bisa saja selamat jika tubuh kita mempunyai elastisitas yang tak terhingga *kayak luffy kali ya…*

Referensi:
http://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Istimewa:Kutip&page=Lubang_hitam&id=2755700
T.Djamaluddin. Blackhole. www.isnet.org/
Fisika for University jilid 1

4 komentar:

TAHUSUSUR mengatakan...

And I'm leaving on a jet plane
I don't know when I'll be back again..
leaving on a jet plane...
going to the space and meet aliens :D

salam dari outer space !!

pengen neliti isi dari blackhole..melempar cmaera yang dikendalikan dari bumi dan meneliti apa saja di dalemnya, apakah mungkin?

poni mengatakan...

I'm speechless!!!subhnallah!!!mari kita giatkan ngeblog,wkwkwkwkwk :D
kunjungan sore mumz!!hehehe

barra/literatur sejarah mengatakan...

hmm, black hole, ada kehidupan lain gak ya di sana? n dah ada bukti2 blum sih?

kutupa mengatakan...

@tahu: cameranya bisa rusak nek dilempar ke dalam blackhole atuh..

@poni: Mari..mari..mari..:D

@barra: hm.. i think, maybe no :P

Poskan Komentar

Tulis kritik, saran, ato komentar sesuka kamu^^