Sample Text

Life is like a ferris wheel. Sometimes growin up to the sky, sometimes fallin to the ground. But no matter what happened, its always interesting to be enjoyed. Because life is never ending adventure

Kamis, 04 Juli 2013

Rekomendasi Peliharaan untuk Anak Kost

Kamis, 04 Juli 2013
Sering merasa jenuh di kos? Atau merasa kesepian?

Hidup seorang diri di kamar kos tanah rantau terkadang dapat melahirkan rasa sunyi dalam jiwa seseorang. Kala sedang seorang diri di kamar kos dan tidak ada siapa pun, pasti seringkali terbayang hangatnya suasana rumah. Ayah dan Ibu yang selalu ada untuk menyayangi, kakak atau adik yang jahil tapi bikin kangen, atau Nenek yang bermata teduh.

Kala kesepian melanda, kita butuh teman untuk mengisi kembali kebahagiaan hidup yang terkikis rasa sepi. Kalau teman-teman kuliah kita tidak sibuk, sekadar makan atau jalan-jalan bersama pun dapat memberikan rasa bahagian tersendiri. Tapi jika teman-teman kita mempunyai kegiatan masing-masing?

Nah... Kita butuh sesuatu sebagai pelampiasan dari rasa sepi itu. Sebagai makhluk sosial, manusia sebenarnya tidak hanya dapat bergaul dengan sesama manusia. Manusia juga dapat bergaul dengan makhluk hidup yang lain, salah satunya hewan. Jadi, bagi kamu yang sering merasa kesepian di kos, memelihara hewan dapat menciptakan kesenangan juga sebagai sarana menyalurkan hobi. Sambil iseng-iseng jika hewan yang dipelihara sukses beranak pinak, bisa juga dijadikan sebagai bisnis :D

Lantas, apa saja hewan yang dapat dijadikan sebagai rekan di kamar kos? Ini dia beberapa peliharaan yang cocok untuk  anak kos.



1. Ikan Hias


Ikan hias nggak terlalu susah untuk dipelihara. Cukup dengan sirkulasi air yang baik, makan yang cukup, dan beberapa hiasan yang lucu. Dijamin ikan hias akan hidup sehat dan bahagia. Ikan hias juga bukan hewan yang berisik, jadi nggak akan mengganggu penghuni kos yang lain. Harga ikan hias pun beragam, mulai dari yang murah yaitu 1000 dapat 5 ekor, sampai yang mahal.

Sayang, ikan tidak bisa diajak bermain atau dielus-elus. Karena kalau akuariumnya dionok-obok (niatnya sih mau ngajak bermain) ikannya pasti akan setres. Begitu juga ketika akan dipegang, si ikan pasti akan berenang kabur.
Selain  dijadikan sebagai teman kala sepi dan sendiri, akuarium ikan hias juga bisa dijadikan sebagai dekorasi kamar kos. Pilih aquarium yang sesuai dengan ukuran dan isi kamar kos, jangan sampai kamar kos kita Cuma 3x3 meter tapi malah memiliki akuarium dengan ukuran jumbo. Kalau saya sih lebih suka akuarium dengan bentuk bulat, karena bentuknya lebih indah dan artistik.

2. Hamster

Hamster adalah salah satu peliharaan yangpaling recommended. Kenapa? Karena selain menggemaskan, hamster juga aktif, bisa diajak bermain, dan bisa dielus-elus. Suara hamster juga tidak berisik sampai mengganggu kamar lain. Paling-paling mereka ribut kalau lagi berantem dengan sesamanya.

Banyak yang bilang kalau kandang hamster seringkali mengeluarkan bau tidak sedap. Namun, hal itu tidaklah benar. Sebenarnya jika dirawat dengan baik dengan cara sering membersihkan kandang dan memberi pasir wangi, maka hamster tidak akan bau. Bahkan kalau hamster kita sudah beranak pinak, bisa dijual di petshop untuk menambah uang saku :D

Untuk jenis-jenis hamster, cara memilih, dan cara merawat hamster akan saya tulis di postingan selanjutnya.

3. Kura-Kura



Sama dengan ikan, tidak perlu repot untuk memelihara kura-kura di kos. Cukup diberi makan dan tempat tinggal yang nyaman, kura-kura akan merasa bahagia dan bisa bertahan hidup. Kura-kura juga memiiki masa hidup yang cukup lama, bisa mencapai puluhan tahun. Oh iya, jangan memelihara kura-kura yang sudah terlalu besar karena kadar kelucuannya sudah sangat berkurang. Lebih baik memelihara kura-kura yang masih kecil karena ia lucu dan aktif. 
Akuarium untuk Kura-Kura

Harga kura-kura juga tidak mahal. Dulu saya beli hdi pasar ngasem (Pasar hewan jogja) hanya sekitar 8.000 saja per ekor. Kecil dan kalau sedang berenang akan terlihat menggemaskan. Namun, perlu diingat bahwa kura-kura tidak seperti penyu. Kura-kura, meskipun terkadang hidup di air, tapi pada dasarnya ia adalah hewan darat. Jadi usahakan mendekor akuarium tempat hidup si kura-kura dengan batu-batuan kecil agar ia bisa memilih berada di air atau di daratan.


4. Sugar Glider (tupai terbang)



Hewan jenis ini adalah hewan yang sedang populer saat ini. Seperti hamster, ia juga lucu, menggemaskan, dan aktif. Sugar glider juga bisa menjadi teman yang baik kalau sudah dekat dengan si pemilik. Harga anakan sugar glider biasanya berkiras di 200-500 ribuan, dan semakin mahal bila dewasa. Jadi, bagi anak kos yang sering kali gagal dalam memelihara hewan (selalu berujung pada kematian) sebaiknya berhati-hati.

5. Tupai


Hewan pengerat ini juga sangat cocok dijadikan sebagai peliharaan anak kos. Selain lucu dan menggemaskan, tupai dapat menjadi sahabat dekat pemiliknya. Ia dapat mengenali si pemilik dari aroma tubuh dan dari kebiasaan memberi makan. Jika sudah mengenal pemiliknya, ia akan segera datang ketika dipanggil. Tupai juga bisa berdiri di pundak pemiliknya dan tidak kabur ketika diajak berjalan-jalan ^^

Tapi awas hati-hati, terkadang tupai bisa buang kotoran ketika sedang berada di lengan pemiliknya. Iuhh.. Saya sendiri belum pernah mencoba memeliharanya. Tapi adik salah seorang teman saya adalah pencinta tupai dan si kawan ini yang bercerita pada saya. Katanya, tupai ini karakternya hampir mirip anjing, setia pada majikan kalau sudah kenal :D

6. Landak Mini
Landak selalu identik dengan duri dan rasa sakit jika duri itu sampai terkena kulit. Eits, tapi jangan takut dengan landak mini. Durinya berukuran kecil dan tidak begitu tajam. Landakmini juga sangat mudah untuk dipelihara dan tidak sulit untuk mencari makanannya. Sangat cocok untuk anak kos^^ Selain itu, hewan mungil ini memiliki bentuk tubuh yang unik dan wajah yang imut. 

Menurut informasi dari situs peternak landak mini, landak mini ini mempunyai sifat yang lucu dan bersahabat. Ia juga siap untuk menyesuaikan diri dengan gaya hidup pemiliknya. Sayang, landak mini ini memiliki aroma menyengat di sekitar tubuhnya. Untuk yang berhidung sensitif, lebih baik berpikir ulang jika ingin memelihara landak mini.


Itu sih rekomendasi peliharaan untuk anak kos versi saya. Karena rata-rata berukuran kecil dan tidak berisik, mereka tidak akan makan tempat dan mengganggu ketenangan. Selain itu, jika misal dilarang memelihara hewan oleh ibu kos, hewan-hewan tersebut bisa dipelihara secara diam-diam. Hehe.

Selain keempat jenis hewan di atas, masih ada beberapa jenis hewan lain yang sering dipelihara anak kos. Misalnya saja kucing, anak anjing, kelinci, atau burung. Tapi kalau saya kurang merekomendasikan dengan alasan kotorannya cukup mengganggu.

Bagi yang merasa bosan dengan peliharaan yang lucu atau peliharaan yang itu-itu saja, ada juga jenis-jenis peliharaan anak kos yang tergolong ekstrem (Bisa dilihat di postingan ini)

Sebenarnya banyak hewan lain yang juga dapat dijadikan sebagai kawan di kos. Apa saja bisa, misalnya ular, kelinci, burung. Tapi, kalau sampai memelihara kecoa atau tikus, enggak lah yaaa...




15 komentar:

Martinus Praditya mengatakan...

mau dong tupai terbangnya..jualan gak mbak?

Muamaroh Husnantiya mengatakan...

enggak mas -_-
tapi saya ternak banyak

oman setiyanto mengatakan...

klo gecko gimana??? menurutku lebih menarik piara gecko deh..........

Iim Senopati mengatakan...

Pengen pelihara ikan hias di aquarium bulat , buat temen di kos

jay udin mengatakan...

http://iklanbamega.com/ nitip lapak gan

zefy arlinda mengatakan...

tupai lucu juga :)

Muamaroh Husnantiya mengatakan...

@oman: yang ekstrem kayak gecko atau kalajengking ada di tulisan ini nih -> http://x4-kingdom.blogspot.com/2013/07/hewan-hewan-peliharaan-ekstrem-untuk.html

@iim senopati. Samaa... tapi kasihan ikannya kalau aquariumnya bulat. Mending yang kotak dan sekalian berfilter n aerator

BANGKIT SEMANGAT mengatakan...

Masih bingung mau pelihara apa gan hehe

Muamaroh Husnantiya mengatakan...

bangkit semangat: sugar glider aja Gan :D

Djoemanto Dampar Oetomo mengatakan...

Makan nya sugar glider apa ya

Djoemanto Dampar Oetomo mengatakan...

Makan nya sugar glider apa ya

Fanny Listiani mengatakan...

Aquarium + gelembungnya yang kaya di gambar diatas belinya dimana ? Mohon onfonya buat yang tahu

Jackal Adim mengatakan...

Sekedar jawab ajh nih...
Buat aquarium yg kaya di atas si murah tergantung ukuran yg bulet kecil-besar (50rb-150rb) pinter" nawar, buat gelembung beli yg kecil ajh yg harga nya 30rb.. bnyk di toko ikan..
Buat SG (sugar glider ) makanan nya: bubur bayi merek SUM(vegetable sama buah ) jgn rasa lain selain itu / bisa di kasih apel , pir. Jgn pernah di kasih susu / jeruk dan buah yg basah basa.. bisa mati... n min harga nya 350 untuk joy (baby 2-3bln) cb.. hati hati liar di bilang nya cb (ternakan).. tmn saya punya SG jd saya tau
N btw top postingan nya nembantu ane lg rencana mau melihara SG, FS(flaying squirrel ),owl chick (celepuk/bay owl ), landak mini.. cuma bingung yg paling enak di ajak main yg mana.. + nyari anakan nya yg 200k ke bwah susah bgt , ty info nya

ulil fahmi mengatakan...

Sugar glider bau gan jangan di pelihara

Nadhal adam mengatakan...

mba ternak bnyk dijual gak ? :D

Poskan Komentar

Tulis kritik, saran, ato komentar sesuka kamu^^