Sample Text

Life is like a ferris wheel. Sometimes growin up to the sky, sometimes fallin to the ground. But no matter what happened, its always interesting to be enjoyed. Because life is never ending adventure

Selasa, 09 Juli 2013

Jenis dan Karakter Hamster

Selasa, 09 Juli 2013
Setelah membaca mengenai peliharaan apa saja yang cocok dipelihara anak kos—antara lain ikan, kura-kura, hamster, sugar glider, tupai, dan landak mini—mungkin ada beberapa pembaca yang tertarik untuk memelihara hamster. Memang sih, hamster  adalah salah satu hewan yang berparas imut, lucu, menggemaskan, dan tidak susah untuk dipelihara. Kehiperaktifan dan kelucuan tingkah hamster juga menjadikannya sebagai hewan yang tidak membosakan untuk diamati atau diajak bercengkrama. 

Nah, kali ini saya akan membahas mengenai jenis-jenis hamster yang ada di Indonesia. Karena sebenarnya ada lebih banyak lagi jenis hamster di dunia, namun hanya beberapa saja yang ada di Indonesia.

Sebelum memutuskan untuk membeli hamster, sebaiknya kita mengenal lebih dalam jenis-jenis hamster agar dapat memilih dengan tepat hamster jenis apa yang kamu inginkan.
Jangan sampai, misalnya, ingin memelihara hamster berukuran mini tapi malah membeli jenis Syirian atau malah marmut. (Oh iya, banyak orang menyamakan hamster dengan marmut. Sekali lagi, hamster sangat berbeda degan marmut)

Hamster termasuk dalam ordo rodentia atau hewan pengerat, sehingga bisa dikatagorikan kerabat tikus. Sama dengan kelelawar, hamster adalah binatang noctural. Waktu siang di pergunakan hamster untuk tidur dan istirahat sedangkan malam hari di pergunakan untuk bermain, mencari makan dan berkembang biak. Setiap hamster memiliki kepribadian yang unik dan memiliki sifat yang berbeda pula sesuai degan jenisnya. Jenis dan karakter khusus dari masing-masing jenis hamster inilah yang akan saya bahas pada postingan kali ini. mungkin apa yang ada di postingan ini bisa sedikit berbeda dengan kenyataan dan berbeda dengan pendapat orang lain. 

Umumya, Jenis-Jenis Hamster di Indonesia terdiri dari Hamster Sirian dan Hamster Mini yang biasa juga disebut Dwarf Hamster, yaitu  Campbel, Winter White, Roborovski, dan Hibrid. Kelima jenis hamster ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Karena itu, sebelum memutuskan untuk memelihara hamster, tentukan jenis hamster mana yang cocok di hati.
Berikut jenis dan karakter hamster yang populer dijadikan sahabat:

1. Hamster Mini Campbell. 



Inggris: Campbell Hamster
Sebutan Inggris lain: Dwarf Campbell's Russian Hamster
Latin: Cricetinae Phodopus Sungorus campbellii
Panjang tubuh: 8-11 cm
Batas umur rata-rata: 2-2.5 tahun
Karakter: Berkoloni 

Hamster jenis ini merupakan hamster dengan ukuran mini dan memiliki variasi warna yang paling banyak. Ukuran si mungil ini mulai dari 9—12 cm. Karakteristik sifat hamster Campbell yakni agresif dan sedikit lebih berani jika dibandingkan dengan jenis hamster lainnya. Keuntungan Campbell adalah tersedianya banyak varian warna. Selain itu Campbel juga sangat hiperaktif dan menyenangkan untuk diamati.

Sayang, Campbell kurang cocok diperuntukkan bagi anak kecil sebab jenis ini agak sedikit "galak" dan agresif . Terutama jika si pemilik salah asuh atau salah dalam memperlakukannya. Tapi jagan takut, dengan penanganan yang benar, sebenarnya Campbell bisa menjadi hamster yang ramah dan jinak. 

2. Hamster Mini Winter White.


Inggris: Winter White Hamster
Sebutan Inggris lain: Dwarf Winter White Russian Hamster, Djungarian Dwarf Hamster
Latin: Cricetinae Phodopus Sungorus sungorus
Panjang Tubuh: 9-12 cm 
Batas umur rata-rata: 2-2.5 tahun
Karakter: Berkoloni

Jenis yang satu ini memiliki tampilan fisik yang secara sepintas identik dengan Campbell karena, memang, hamster Winter White  merupakan kerabat dekat Campbell. Hanya saja, dari segi ukuran, Winter White jauh lebih kecil. Ukurannya berkisar antara 7 sampai dengan 9 cm. Sementara itu, dari segi  varian warna, Winter White jauh lebih sedikit jika dibanding Campbell. Namun menurut saya, Winter memiliki variasi warna yang lebih menawan dan tekstur bulu yang lebih lembut dibanding jenis lain.

Konon, di tempat asalnya, bulu hamster Winter White dapat berubah menjadi putih bila berada di udara yang dingin. Ini dikarenakan Hamster Winter White berasal dari daerah yang bersalju sehingga predator sulit untuk melihat mereka. Tapi untuk di Indonesia, karena tidak ada perbedaan suhu ekstrem antar musim, perubahan bulu pada Winter tidak mudah untuk diamati. 

Varian warna Winter White antara lain normal, sapphire, dan pearl. Selain tiga jenis tersebut, kini di pasaran juga terdapat varian lain semisal blue argente, violet, dan gold. Kelebihan memelihara hamster Winter White  adalah sifatnya yang jauh lebih bersahabat dan juga jinak jika dibandingkan jenis lainnya, terutama Campbell. Meski demikian, jenis yang satu ini memiliki kekurangan yakni cenderung lebih malas jika dibadingkan dengan Campbel.

3. Hamster Syirian.


Inggris: Syrian Hamster
Sebutan Inggris lain: Golden Hamster, Teddy Bear Hamster
Latin: Cricetinae Mesocricetus auratus
Panjang tubuh: 16-18 cm
Batas umur rata-rata: 2-3 tahun
Karakter: Soliter

Jenis lain yang juga banyak dipelihara dan beredar di pasaran adalah hamster Syirian. Binatang lucu ini sering juga disebut hamster lokal, hamster australia, atau giant hamster. Syirian cukup menguntungkan sebab sangat mudah dipegang dan mudah dijinakkan. Jadi sangat cocok dipelihara anak-anak. 

Syirian, terutama Syirian Long Hair juga memiliki bulu yang jauh lebih panjang dibanding hamster jenis lain. Untuk karakter, Syirian adalah hewan yang  soliter atau penyendiri. Jadi tak perlu cemas jika si golden hamster ini ini kesepian karena tak memiliki teman di kandang. 

Ukuran Syirian paling besar di antara hamster-hamster lain. Ia juga sering disebut Golden Hamster, karena mantel bulu asli Syirian berwarna kuning emas. Meskipun demikian, sekarang banyak variasi mantel bulu dari hamster Sirian.

4. Hamster Mini Roborovski. 


Inggris: Roborovski Hamster
Sebutan Inggris lain: Desert Hamster
Latin: Cricetinae Phodopus roborovskii
Panjang tubuh: 4-5.5 cm
Batas umur rata-rata: 2.5-4 tahun
Karakter: Berkoloni

Hamster Roborovski mempunyai wajah yang paling berbeda diantara hamster lainnya. Robo hanya memiliki 2 jenis mantel bulu atau varian yakni normal dan white face.  Roborovski normal, atau yang  biasa disebut Agouti, mempunyai warna putih diatas mata yang menyerupai alis karena wilayah wajah batas hidung keatas sampai punggung berwarna coklat pasir keemasan dengan perut berwarna putih. Jika diperhatikan, wajah Robo normal ini menyerupai kakek-kakek beralis putih^^. Untuk yang White Face warna bulu di wajah seluruhnya berwarna putih.

Meski keduanya sama-sama berwajah imut, jenis white face cenderung lebih imut dan harganya pun lebih tinggi. Untuk harga, harga Robo biasanya lebih mahal jika dibandingkan dengan Campbell, Syirian, dan beberapa varian Winter White.

Roborovsky merupakan varian dengan  ukuran paling mini. Bayangkan, Roborovski yang berusia dewasa saja memiliki ukuran maksimal 5 cm. Sangat kecil dan mungil. Karakteristik hamster roborovsky ini cenderung lincah dan super aktif, sering berlari-lari dan melompat ke sana ke mari. Lucu! Hanya saja, Roborovski cenderung lebih susah dijinakkan dan penakut. Memelihara hamster yang satu ini harus hati-hati, sebab agak susah dipegang. Dan ketika sudah berhasil dipegang, si Robo ini biasanya memberontak. Dan jika lepas, duh, ia bisa saja berlarian ke sana ke mari dan susah untuk ditangkap lagi untuk dikembalikan ke kandangnya.


5. Hamster Hybrid.


Inggris: Hybrid Hamster
Panjang tubuh: 8-12 cm
Batas umur rata-rata: 1-1.5 tahun
Karakter: Berkoloni

Hamster Hybrid termasuk istimewa sebab merupakan hamster yang diperoleh dari perkawinan Campbell dan hamster Winter White. Jenis ini biasanya tidak diperuntukkan dalam kompetisi dan hanya dipelihara oleh mereka yang menggilai hamster. Kelebihannya sama seperti Winter White, warna bulunya mengikuti suhu. Hanya saja, jenis hamster hybrid termasuk jenis yang rentan terkena penyakit. Jadi harus ekstra telaten saat memutuskan memelihara jenis ini.

Diyakini Hamster Hibrid mempunyai jangka hidup yang pendek. Usia hamster Hybrid umumnya paling lama hanya mencapai 1.5 tahun. Hamster Hibrid mempunyai warna bulu krem yang agak memudar disertai timpahan warna abu-abu halus. Terdapat juga warna putih dengan garis halus di punggung berwarana krem muda. Namun ada juga yang berwarna emas terang dengan mata berwarna merah. Hamster ini agak mahal karena banyak hobis di Indonesia yang gemar mengkoleksi hamster Hibrid dengan berbagai jenis bulu yang baru dan menarik.


Nah, itu dia jenis-jenis dan karakter hamster yang biasanya beredar di pasaran Indonesia. Untuk menentukan jenis hamster mana yang sesuai untuk karakter Anda, akan saya bahas di postingan selanjutnya. 

0 komentar:

Poskan Komentar

Tulis kritik, saran, ato komentar sesuka kamu^^