Sample Text

Life is like a ferris wheel. Sometimes growin up to the sky, sometimes fallin to the ground. But no matter what happened, its always interesting to be enjoyed. Because life is never ending adventure

Senin, 23 Februari 2009

MOVING CLASS -- jalan terus, terus sehat

Senin, 23 Februari 2009
Coba bayangkan dan renungkan, apa saja aktivitas kita di sekolah. Pagi-pagi berangkat, itupun naik bus atau kendaraan bermotor, hanya segelintir siswa saja yang naik sepeda. Lalu jam tujuh masuk kelas dan pelajaran. Cuma duduk di tempat dan "menempel" di kursi. Waktu istirahat kadang-kadang pergi ke kantin, perpustakaan, atau mushala. Setelah itu masuk kelas lagi dan pelajaran lagi. Itu-itu saja kan?

Hampir 90% dari waktu kita di sekolah dihabiskan dengan hanya duduk mendengarkan pelajaran. Jika waktu di sekolah perhari adalah 7 jam (jam 7.00- 14.00), dan jam istirahat 15 + 45 menit, maka waktu untuk tidak berada di dalam kelas adalah 10,7%. Lain halnya dengan sistem istirahat 15 + 15 menit, hanya sekitar 7%. Jadi, sekitar 90% waktu di sekolah hanya dihabiskan dengan duduk saja.

Tahukah Anda? Kalau kebanyakan duduk bisa membuat kita nggak sehat?

Kebanyakan duduk dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Misalnya saja ambeyen. Kadang-kadang juga menyebabkan sembelit. Apalagi jkalau perpaduan ketinggian meja dan kursi kurang tepat, selain posisi duduk yang nggak nyaman, juga dapat menyebabkan pinggang dan punggung pegal-pegal. Terlalu banyak duduk juga mengakibatkan aktivitas kita berkurang sehingga tingkat kebugaran tubuh pun berkurang. Pada beberapa kasus, jika asupan makanan lebih besar dari energi yang dikeluarkan, dapat menyebabkan oblesitas. Wau...

Nah, nggak pengen jadi sakit karena terlalu banyak duduk kan?

Maka dari itu kita harus melakukan banyak aktivitas di sekolah. Tapi jangan berbuat yang aneh-aneh. Misalnya saja lari-lari atau push-up di dalam kelas, kasihan gurunya yang ngajar donk... Sebenarnya ada cara agar kita tetap aktif di sekolah. Caranya adalah dengan sistem MOVING CLASS.

Untungnya saja, di sekolahku, SMA N 1 Bantul sudah menggunakan sistem moving class. Soalnya moving class adalah salah satu ciri SKM (Sekolah Kategori Mandiri). Ciri SKM yang lain diantaranya menggunakan sistem SKS , bukan Sistem Kebut Semalam, tapi Sistem Kredit Semester. Dan ciri yang terakhir aku agak lupa, tapi kayaknya berbasis IT.

Back to moving class. Dengan adanya sistem moving class, siswa dan guru di SMAN 1Bantul menjadi lebih aktif, tubuh pun senantiasa bergerak. So pasti tingkat kebugaran jadi naik, walaupun cuma sedikit. Moving class juga mengakibatkan kita harus lebih banyak berjalan di sekolah. Dengan seringnya berjalan, tulang kita lebih kuat karena penyerapan kalsium akan maksimal. Sembari berjalan, kita juga bisa melihat lingkungan sekitar yang asri, jadi bisa sekalian 'cuci mata'.

Jadi moving class nggak cuma bikin capek, tapi juga sehat.

So, keep health with MOVING CLASS!!




11 komentar:

b muji mengatakan...

Ralat dikit Boleh kan MbAk ..?
Ada moving Class , Sistem SKS , Pembelajaran Berbasis IT yang benar adalah :ciri dari Sekolah Kategori Mandiri ( SKM )

Muam mengatakan...

Ow y bu.. Makasih banyak.. Besok saya ralat..

Fadhin mengatakan...

wuah seru.....asyik jg tuch!!! Habis di SMP g da moving-moving cih!

I wau!! Membantu program dietQuw dumz..^^

ceret mania mengatakan...

SkulQ juja moping tuh. Aku yang kurus jadi cuma berbalut kulit ku yang putih nan muluz. Hohohhoho

TAHUSUSUR mengatakan...

hai tiya..
hm... keep posting aja :-)
ingat ! selalu tersenyum yaa..

oh iya, dapet salam.. katanya salam kangen gitu :p
hehe..
cie cie..

Galih mengatakan...

Whahaha... Blogmu lumayan rame jg yo. Ngmong2 ttg cuci mata d wktu moving class, wah, klo it, slaen kta bsa liat pmandangan, kta jg bsa sring brpapasan dg tmen kta yg d klas laen.jd hbungan slaturahmi jg makin erat. Bahkan dg adek klas. Tp jleknya, klo kseringan brpapasan ma adek klas yg cantik, nah it bahaya! Mau g mau naluri mnyuruh kta utk memandangnya. It malah jd cuci mata yg mnyebabkan mata kta jd tambah kotor. Whahaha..

Ophie mengatakan...

ho oh, betoel bgt! Moving Class skalean cuci mata

Sayang Mumz... Dia yang namanya tak blh gw sebut gak di Saba. Dia nun jaug disana

*nangis meraung-raung*

Kutupa mengatakan...

Whahaha...

Bagi temen-temen, ati-ati nek ktemu mas Galih^^
(just kidding)

Ho oh si.. Dengan moving class, nggak ada "aturan-aturan wilayah" kayak di sekolah biasa. Misalnya wilayah Z untuk kelas XII, wilayah X untuk kelas XI, dll.

Adik kelas n kakak kelas juga bisa tambah akrab coz sering saling nyapa

Galih mengatakan...

Ada 1 tips dr q bagi tmen2 ikhwan yg punya masalah yg sama dg q. Slah satu upaya kta agar ttp mnjaga pandangan kta trhdap hal2 yg ngatif, agar pkiran n hti kta ttp brsih, caranya, kta sbaeknya menerapkan khudul bashar. Yaitu menundukkan kepala. Jd stiap brjalan pd moving clas,kpala kta d tundukan trus. Pasti mata kta g bkalan jelalatan lg ngliat cew2. Hehe.. Klo msalna d dpan kta ada cew, n kta g liat krna nunduk, awas.. Ati2.. Ojo malah di tubruk!! Hahaha...

Muam mengatakan...

Woe... Bukane nek kayak gitu malah bs ksandung batu trus jatuh^^

tp y gpp.Kyak rasul tu lh0h,kalau jalan menundukan pndangan...

Anonim mengatakan...

ngopooo lih... :-/

Poskan Komentar

Tulis kritik, saran, ato komentar sesuka kamu^^