Sample Text

Life is like a ferris wheel. Sometimes growin up to the sky, sometimes fallin to the ground. But no matter what happened, its always interesting to be enjoyed. Because life is never ending adventure

Kamis, 19 Februari 2009

HOTSPOT, BIKIN BETAH DI SEKOLAH

Kamis, 19 Februari 2009
Pernah nggak ngrasain gimana asiknya ngenet gratis?
Dan kalau kamu bisa melakukannya dimana aja di sekolahmu. Browsing-browsing cari tugas, sambil makan cemilan dan minum teh hangat, trus sambil liat angsa yang berbaris mengikuti induknya… *menghayal*. Jadi ngerasa kalau kita adalah mahasiswa di sebuah universitas terkenal yang berhotspot. Keren kan?

Di sekolahku, semua itu bisa aja. Pasti seneng donk kalau bisa browsing-browsing gratis di sekolah. Cari tugas jadi gampang, nggak perlu repot-repot ke warnet. Dan tentunya lebih irit.

Sebenarnya, hotspot itu apaan sih? Wifi itu apaan sih? Makanan jenis apaan kah?
Menurut salah satu literature yang ada, Hotspot adalah layanan internet tanpa kabel yang menggunakan teknologi Wi-Fi (802.11b). Wi-Fi (Wireless Fidelity) adalah istilah populer untuk jaringan wireless (tanpa kabel) dengan frekuensi tinggi. Teknologi Wi-Fi 802.11b menggunakan frekuensi 2.4 GHz yang mempunyai kecepatan hingga 11 MBps.
Nah, itu tadi penjelasan singkat tentang hotspot.
Karena sekarang di SMA N 1Bantul sudah menyediakan layanan hotspot, siswa bisa mengakses internet dari mana saja di lingkungan sekolah. Dari kelas, dari lobi, dari aula, pokoknya terserah. Yah…walaupun ada beberapa tempat tertentu yang sinyalnya lemah. Kerennya lagi, kita nggak perlu password dan user ID untuk menggunakan layanan hotspot SMA N 1 Bantul. Jadi kita nggak perlu bingung-bingung mengisi user ID dan password, yang mungkin bagi sebagian orang terasa merepotkan.

Tapi menurut pendapatku, ke depannya, jangkauan hotspot di SMA N 1 Bantul perlu diperluas dan ditambah banwitnya agar di sudut-dusut terpencil sekolah pun kita masih bisa mengakses internet. Dengan penambahan jangkauan, perlu juga sebuah user ID dan password yang hanya diketahui oleh warga sekolah saja. Jadi orang di sekitar lingkungan sekolah yang masih kecipratan hotspot nggak bisa mengakses dengan bebas.

Coba ya bayangkan. Misalnya saja kita ada di pelajaran apa gitu…. Tiba-tiba ada salah satu siswa yang bertanya “Lumut yang selama ini dikenal sebagai tanaman parasit apakah mempunyai nilai guna? Apakah ada nilai ekonomisnya? Apakah bisa diolah menjadi sesuatu yang bermanfaat?”. Kalau misalnya saja seluruh kelas nggak ada yang tahu, kita bisa mencari jawabannya di internet. Tinggal mengeluarkan laptop, dan browsing deh… Gampang kan. Jadi selain nambah ilmu, juga tambah kreatif.

Selain membawa dampak positif, ada juga dampak negative hotspot. Karenya adanya hotspot, bisa jadi siswa bisa ketagihan ngenet gratis. Walaupun bisa dibilang nggak berbahaya, tapi kalau lupa waktu dan lupa belajar kan juga gawat.. Bisa lupa mengerjakan PR dan tugas. Selain itu, siswa juga jadi lebih betah berlama-lama di sekolah. Yang ini aku nggak tau dampak positif atau negative. Kan kalau berlama-lama di sekolah, kita bisa makin cinta sama sekolah (ceile…), tapi kasian juga Pak Penjaga sekolah… Dia harus menunggu samapai manghrib sebelum mengunci seluruh ruangan di sekolah.

Jadi bagi temen-temen yang suka Wifi-nan di sekolah, jangan samapai terlalu malam. And inget, kalau makan sesuatu sampahnya jangan lupa dibuang ke tempat sampah, jangan sampai mengotori lingkungan. Sekolah kita juga milik kita, jadi kita juga harus menjaganya.

GO SABA!!

2 komentar:

ceret mania mengatakan...

Enak yo nek bisa ngenet gratis! Licik e.. Bisa donlot anime di you tube sakarebe

Tapi aku yo gak punya laptop ding. Hohohoh

Aku tak ngenet di Galileo aja ah

Kutupa mengatakan...

aku juga nggak punya laptop je mb Mis...

Tak tetep setia aja ma galileo

Poskan Komentar

Tulis kritik, saran, ato komentar sesuka kamu^^