Sample Text

Life is like a ferris wheel. Sometimes growin up to the sky, sometimes fallin to the ground. But no matter what happened, its always interesting to be enjoyed. Because life is never ending adventure

Minggu, 08 Maret 2009

Bawalah Air Minum Ke Sekolah

Minggu, 08 Maret 2009


Saat ada praktikum Kimia tentang asam dan basa aku baru tahu kalau air yang biasa ku minum dan kusebut dengan nama "air putih" sebenarnya kurang tepat penyebutannya. Memang selama ini persepsi sebagian masyarakat mengenai warna kebanyakan salah. Perbedaan penyebutan antara warna putih, tak bewarna, dan bening kebanyakan terbolak-balik.

Sebagai gambaran:
- air minum yang kita konsumsi sehari-hari yang sering disebut dengan air putih, sebenarnya bukan putih. Dibilang bening juga bukan
-Sirup rasa melon. Bening, tetapi warnanya hijau. Jadi bening belum tentu tak berwarna.
-Susu. Tidak bening, tetapi warnanya putih. Jadi putih berbeda dengan bening.
-Air biasa. bening dan tak mempunyai warna.

Jadi persepsi masyarakat terhadap warna sering kali salah. Sebutan air putih seharusnya diberikan unutk santan atau susu, air bening untuk air yang tidak membaurkan cahaya, dan air tak berwarna untuk air biasa. Namun, karena sudah menjadi kebiasaan yang mendarah daging, jadi susah dihilangkan.

Kembali ke pokok bahasan. Air merupakan kebutuhan vital manusia. Setiap hari kita pasti menggunakan air. Dari kegiatan mencuci, minum, memasak, menyiram tanaman, sampai mengairi sawah. Kita bisa bertahan lebih lama tanpa makanan daripada tanpa air. Sekarang kita akan membahas tentang kebutuhan air untuk tubuh, alias air minum (yang tidak berwarna). Berapa literkah kalian mengonsumsi air dalam sehari? Para dokter meyarankan untuk minum air minimal 2 liter dalam 1 hari. Nah lho, udah pada minum sampai segitu belum?

Kita, para siswa juga mebutuhkan asupan air minum yang cukup untuk terus eksis beraktivitas di sekolah. Denger-denger juga nih, air itu vitaminnya otak. Jadi kalau lagi ngerjakan soal-soal yang susah, minumlah air sebanyak-banyaknya, tapi jangan sampai kembung^^

So, udah pada minum minimal 2 liter belum? Yang belum, mending buru-buru memperbaiki pola minumnya. Kenapa? Karena kekurangan air minum dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan. Misalnya:

-dehidrasi
-radang tenggorokan
-bibir pecah-pecah
-gangguan ginjal
-kencing batu

Kalau salah satu ginjal sampai rusak, bisa berbahaya tuh. Apalagi kalau yang rusak dua-duanya. Harus cuci darah minimal 2 minggu sekali. Bayangkan berapa biaya yang harus dikeluarkan selama 1 tahun kalau 1 kali cuci darah kira-kira habis 500 ribu. Duabelas juta! Maka dari itu, LEBIH BAIK MENCEGAH DARIPADA MENGOBATI.

Jadi aku sarankan, kalau ke sekolah lebih baik bawa air minum sendiri. Selain biar nggak dehidrasi, lebih sehat dan hemat. Buat teman-teman, hati-hati aja sama minuman kemasan, apalagi yang berwarna. Bisa aja mengandung pengawet, pewarna, dan pemanis butan. Zat-zat aditif tersebut nggak baik untuk kesehatan. Jadi, kalau mau umur panjang, lebih baik back to nature dech^^

7 komentar:

Ophie mengatakan...

Bay the way, mending gambarnya diganti pakek botol air minum mu aja Mumz.. Botol Siripit ato Spirit ntu ^^.


Aq jarang bw aer ke skuL. Tapi kagak kena ginjal tuh?
Hayo?

Kutupa mengatakan...

Ya efeknya nggak secepat itu Oph.. Mungkin sekarang tubuhmu masih bisa oke walaupun kurang air. Tapi ntar kalau tua, baru bisa ngrasain dampaknya deh..
Lagian kamu juga beli minuman di kantin thoh^^

ceret mania mengatakan...

Ngapain juga susah2 bawa air minum kawanku?



Nak yo nggak bakal mati? Iya tho?



Kalau puasa juga nggak minum thoh.. Lagian kalau dah hauuus banget,kan bisa minta punya temen. Ho ho ho ho

ceret mania mengatakan...

Trus, kenapa harus air yg nggak bewarna? Kenapa? Kenapa?

Bukannya semua itu sama-sama air? Mau air susu kek, sirup kek, minuman bersoda kek, santen kek, es lilin kek.,kan sama-sama aer? H2O? Trus apa bedanya?
Kalo menurutku ya,ehem ehem.. Susu n minuman sejenisnya malah lebih bagus. Kan kandungannya lebih lengkap dari air putih tuh... (bantai terus, ho ho ho ho)

ceret mania mengatakan...

Oyo! KawanQ, pernah denger tentang air hexag0n g? Yg air 02 itu lh0w?
Nek sama air byasa bagus mana y? (aq suka bertanya padamu, apalagi kalau kamu gak bisa jawab. Ho ho ho. Just kidding lh0)..
Jawab pertanyaan2ku ya? Kawanku yang baek...

Kutupa mengatakan...

"Ngapain juga susah2 bawa air minum kawanku?Nak yo nggak bakal mati? Iya tho?Kalau puasa juga nggak minum thoh.. Lagian kalau dah hauuus banget,kan bisa minta punya temen. Ho ho ho ho"

Re:
jadi gini ya... kalau puasa itu kita emang nggak minum. Tapi tetep aja kita kekurangan cairan tubuh. Maknnya kadang-kadang badan rasanya agak panas kan... Nah, kalu puasa, kita nggak minumnya juga secara teratur, jadi sekalian lambung istirahat.


Trus, kenapa harus air yg nggak bewarna? Kenapa? Kenapa?

"Bukannya semua itu sama-sama air? Mau air susu kek, sirup kek, minuman bersoda kek, santen kek, es lilin kek.,kan sama-sama aer? H2O? Trus apa bedanya?
Kalo menurutku ya,ehem ehem.. Susu n minuman sejenisnya malah lebih bagus. Kan kandungannya lebih lengkap dari air putih tuh..."

Re: air-air yang bukan air murni itu udah bereaksi sama zat-zat lain. Jadi untuk menguraikannya dibutuhkan energi n katalis yng lebih besar. So, yang dimaksud untuk membantu metabloisme bukan susu dsb, tapi air tak berwarna.

ceret mania mengatakan...

Oh gitu ya.. Setelah baca-baca materi bio tentang ginjal, ternyata kopi,teh,dan minuman sejenisnya juga bikin kerja ginjal tambah berat.

Trus, penjelasan air o2nya mana?

Poskan Komentar

Tulis kritik, saran, ato komentar sesuka kamu^^