Sample Text

Life is like a ferris wheel. Sometimes growin up to the sky, sometimes fallin to the ground. But no matter what happened, its always interesting to be enjoyed. Because life is never ending adventure

Sabtu, 25 Mei 2013

Semua Berawal Dari Blog

Sabtu, 25 Mei 2013

Tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu ketujuh.

Bagi saya, blog telah menjelma bagai seorang kawan dekat. Ia adalah wadah untuk menumpahkan segalanya. Mulai jurnal, hingga post abstrak yang sebenarnya berisi curahan hati. Kepada blog juga saya berbagi ketika merasa masalah saya terlalu riskan bila dibagikan kepada orang lain. Dari blog saya tidak hanya mendapatkan kelegaan, tetapi saya juga mendapatkan pengalaman dan rejeki.

Jika dalam lirik lagu Cinta Sejati yang dinyanyikan oleh BCL “cinta kita melukisakan sejarah”, maka bagi saya, blog ini lah yang melukiskan sejarah saya. Blog ini bagaikan sebuah halaman kecil yang memuat sejarah saya.

Kali pertama saya membuat blog adalah masa-masa awal booming-nya Raditya Dika. Kira-kira semasa duduk di kelas X SMA, ya, masa-masa ketika saya masih labil mencari jati diri. Waktu itu, saya tidak mengenal Raditya Dika, juga bukan fans beratnya. Namun salah satu teman saya adalah fans beratnya, dan dari dia lah awal mula dunia perbloggingan saya dimulai.

 Awalnya sih hanya postingan-postingan alay tentang kisah alay semasa SMA. Dari cerita tentang kejahilan dan kenakalan khas anak SMA, hingga jurnal harian mengenai kegatan kelas. Saat itu saya memang berniat membuat blog kelas, maka dari itu URL blog ini agak alay: x4-kingdom, nama kelas saya semasa kelas X SMA. Bahasanya pun alay, menggunakan gw (gue) padahal tidak pernah sekalipun menggunakan kata ganti itu dalam percakapan sehari-hari.

Setahun berikutnya, saya sempat diskors seminggu oleh pihak sekolah karena tulisan di blog saya. Haha, lucu juga jika mengingat masa-masa itu. Bersama seorang kawan sekelas yang juga blogger, saya harus menghabiskan waktu selama seminggu di runag BK. Yah, miris tapi saya malah senang karena bisa sering tidur di ruang BK dan tidak harus mengikuti pelajaran. Akibat masa pesakitan itu juga, saya juga bisa mengejar ketinggalan pelajaran karena sebelumnya terlalu sering membolos pelajaran dengan alasan rapat. Yah, sayang masa skors itu harus dihabiskan di ruang BK, coba boleh di rumah pasti lebih asyik.

Beberapa minggu setelah di skors, saya menjadi salah satu pemenang dalam lomba blog tingkat Jateng-DIY yang diadakan oleh IST Akprind Yogyakarta. Saya mendapat juara favorit The Best Content. Teman saya yang lain, yaitu Pradana, memperoleh juara pertama, dan kakak kelas saya mendapat juara favorit, best design. Dan tentu saja dari lomba itu saya juga mendapat hadiah uang yang lumayan bagi seorang anak SMA, hampir setara dengan juara olimpiade tingkat kabupaten. Pialanya? Saya berikan ke sekolah sebagai ‘kenangan manis’ untuk guru-guru di sana.

Agak kocak jika mengingat masa-masa itu. Kadang saya berpikir: Seandainya saya tidak ngeblog, saya tidak akan pernah mendapat hukuman skorsing. Saya tidak akan mempunyai kenangan akan kenakalan sama semasa SMA. Tapi, seandainya saya tidak ngeblog, saya tidak akan pernah memenangkan lomba-lomba itu.

Kiprah saya di dunia perbloggingan tidak berhenti sampai di situ. Menginjak kelas tiga SMA saya mulai megikuti lomba-lomba menulis artikel di blog. Sayang saat itu saya jarang menjadi juara, hanya sering menjadi nominator dan juara favorit. Tapi itu terbilang lumayan untuk pengalaman yang masih seumur jagung karena lawan saya adalah mahasiswa dan orang-orang dewasa. Di akhir kelas tiga SMA, saya kembali memperoleh juara dalah lomba karya tulis ilmiah via jejaring sosial. Dalam lomba menulis tingkat nasional yang diadakan oleh Unissula Semarang itu saya menjadi juara 3 dan mendapat hadiah yang cukup lumayan. Tulisan yang saya kirim berjudul Seberkas Sinar dalam Canting Muda, sebuah tulisan yang saya ambil dari potongan kenangan semasa SMA.

Kalau tidak salah ingat, saya juga pernah menjadi juara ke-4 dalam lomba Blog vs Facebook yang diadakan oleh angingmammiri. Tulisan saya yang berjudul “Blog VS Facebook, Mengapa Tidak Blog ft Facebook”, walaupun tidak berhasil mendapat posisi tiga besar, namun mandapat hadiah berupa domain dot com selama satu tahun. Sayang sekali waktu itu saya tidak bisa menggunakannya karena gaptek. (Dan sampai saat ini pun mungkin saya juga belum paham masalah perdomain-an hehe)

Menginjak masa kuliah, saya lebih jarang mengikuti lomba blog. Saya lebih fokus pada kegiatan kuliah dan kegiatan menulis di pers mahasiswa di mana saya tergabung. Blog pun hanya saya gunakan sebagai jurnal dan tempat berkeluh kesah. Yah, patut disayangkan, padahal dulu saya begitu aktif berkarya di blog.

Karena suatu hal, akhirnya saya tersadar dari mati suri saya di dunia tulis menulis dan perbloggingan. Saya mulai aktif menulis di blog. Akhirnya semester lalu saya mengikuti salah satu lomba blog yang diadakan oleh Bakrie Grup. Syukur, dengan waktu pengerjaan yang mepet, tulisan saya yang berjudul “Industri Perbankan, Berisiko Namun Menantang untuk Digeluti berhasil menjadi 20 besar dalam lomba tersebut dan mendapat undangan untuk menghadiri acara ulang tahun Bakrie Grup.

Yah, ada sejuta cerita dari blog ini. Mulai masa-masa alay dan labil zaman SMA, masa-masa penyesuaian diri yang sukar di lingkungan perantauan, hingga masa-masa padat dan penuh sesak akan tugas perkuliahan. Dari blog saya juga mendapatkan beberapa klub dan teman penulis yang hebat. Dengan blog juga saya belajar menulis dan juga berbagi.

Seandainya saya tidak ngeblog, tidak akan ada wadah yang mampu membingkai kenangan-kenangan itu dalam satu halangan. Seandainya saya tidak ngeblog, tidak akan ada bingkai yang mampu mengabadikan masa-masa perjalanan hidup saya. Tanpa blog, kenangan itu mungkin telah terlupakan entah ke mana.

Seandainya tidak ngeblog, saya tidak akan pernah mendapat hukuman skorsing dari sekolah. Tapi jika saya tidak ngeblog, saya juga tidak akan mendapatkan prestasi-prestasi yang dapat diceritakan pada anak cucu kelak. Well, terima kasih dunia perbloggeran :D

0 komentar:

Poskan Komentar

Tulis kritik, saran, ato komentar sesuka kamu^^