Sample Text

Life is like a ferris wheel. Sometimes growin up to the sky, sometimes fallin to the ground. But no matter what happened, its always interesting to be enjoyed. Because life is never ending adventure

Minggu, 15 April 2012

Algoritma dan Flowchart, contoh kasus: USM STAN

Minggu, 15 April 2012
Mungkin sebagian dari kita sering mendengar kata Algoritma. Begitu mendengar algoritma mungkin akan membayangkan hal-hal seram dalam matematika seperti kalkulus. Tenang saja, Algoritma tidak sememusingkan kalkulus walaupun ia juga bagian dari matematika. Apa itu Algoritma? Apapula itu yang disebut dengan Flowchart?

urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis.Kata Logis merupakan kata kunci dalam Algoritma. Langkah-langkah dalam Algoritma harus logis dan harus dapat ditentukan bernilai salah atau benar.

Sedangkan definisi lain dari Algoritma adalah sebagai berikut:

"merupakan kumpulan perintah untuk menyelesaikan suatu masalah. Perintah-perintah ini dapat diterjemahkan secara bertahap dari awal hingga akhir. Masalah tersebut dapat berupa apa saja, dengan catatan untuk setiap masalah, ada kriteria kondisi awal yang harus dipenuhi sebelum menjalankan algoritma. Algoritma akan dapat selalu berakhir untuk semua kondisi awal yang memenuhi kriteria, dalam hal ini berbeda dengan heuristik. Algoritma sering mempunyai langkah pengulangan (iterasi) atau memerlukan keputusan (logika boolean dan perbandingan) sampai tugasnya selesai." (wikipedia)

Dalam membuat Algoritma suatu kasus, hasil pekerjaan antara orang yang satu dengan yang lain dapat berbeda-beda, tergantung sesuai pemikiran dan logika orang tersebut. Hal ini karena pemikiran seseorang mungkin akan berbeda dengan orang lain etika enyelesaikan suatu masalah.

Nah, setelah kita mengetahui apa itu Algoritma, mari kita membahas mengenai Flowchart. Flowchart merupakan sebuah diagram dengan simbol-simbol grafis yang menyatakan tipe operasi program yang berbeda.Sebagai representasi dari sebuah program, flowchart maupun algoritma dapat menjadi alat bantu untuk memudahkan perancangan alur urutan logika suatu program, memudahkan pelacakkan sumber kesalahan program, dan alat untuk menerangkan logika program.

Flowchart biasanya dipelajari pada saat kita mulai mempelajari pemrograman. Karena dengan mempelajari flowchart, kita diharapkan dapat berfikir secara logis, dapat menentukan komponen input dan output suatu program, serta memahami alur atau proses suatu program. Flowchart merupakan teknik yang memudahkan kita dalam memprogram, dalam hal ini memudahkan dalam arti mengantisipasi agar tak ada komponen program yang tertinggal.

CONTOH:
Pada Proses USM STAN
Asumsi : Nilai rata-rata ujian minimal 7,5 dan Khusus untuk ujian Bahasa Indonesia minimal 7. Jumlah mahasiswa yang diterima maksimal 1000

Algoritma:
  1. Entry data peserta termasuk nilai UNAS
  2. Cek nilai rata-rata, minimal 7,5
  3. Cek nilai bahasa indonesia, nimai minimal 7
  4. Input hasil tes
  5. Memproses total nilai ujian, jika benar = 4, salah -1, kosong= 0
  6. Sortir nilai
  7. 1000 peserta dengan nilai tertinggi diterima
  Sedang Flowchartnya:
flowchart USM STAN
(klik gambar untuk memperbesar)









4 komentar:

virnanda noviani mengatakan...

bolehkah saya bertanya ?
mengapa stelah terminal(start) itu memakai simbol manual input?apakah kegunaan simbol manual input itu? bisa tolong dijelaskan?

Muamaroh Husnantiya mengatakan...

buat nginput nilai pesertanya mbak..

Nuren udew mengatakan...

saya mau tanya gimana penyelesaian dari kasus :
tentukan jumlah bilangan prima,asli,cacah dengan batasan n to m dari 122320118
n=digit ke 3 terakhir
m=3 digit terakhir

mr.superSimple mengatakan...

gambarnya gak kebaca mbak, http://adhi.rahmawan10.student.ipb.ac.id/

Poskan Komentar

Tulis kritik, saran, ato komentar sesuka kamu^^