Sample Text

Life is like a ferris wheel. Sometimes growin up to the sky, sometimes fallin to the ground. But no matter what happened, its always interesting to be enjoyed. Because life is never ending adventure

Sabtu, 15 Januari 2011

Tips Belajar Fisika Efektif ala Dragon Zakura

Sabtu, 15 Januari 2011

Beberapa hari yang lalu saya mendapat sebuah serial Jepang berjudul Dragon Zakura. (Untuk refensi bisa dibaca disini atau disini ). Kalau dinilai dari segi cerita sih biasa-biasa saja, dan menurut saya lack of humor. Namun serial ini mengandung banyak pelajaran berharga tentang realita hidup yang sebenarnya. Juga tentang tips-tips yang memang berguna dan T-O-P banget untuk belajar ataupun persiapan ujian. Di cerita ini, Sakuragi sang tokoh utama selalu menyampaikan poin-poin yang menjadi pelajaran dan tips-tips yang ingin disampaikan dengan gamblang. Penonton tidak perlu berpikir keras untuk menafsirkan dan menerka maksud dari ceritanya. Tapi mungkin karena enjelasan yang terlalu gamblang malah membuat serial ini agak sedikit membosankan.

Nah, kembali lagi ke Fisika. Menurut pengalaman saya, Fisika menjadi salah satu momok bagi teman2 di tingkat SMA, selain Matematika tentunya. Namun sebenarnya kedua mata pelajaran tersebut mempunya daya tarik sendiri dan sangat menantang untuk dipelajari. Yah, walaupun saya sekarang kuliah di STAN dan beralih ke IPS, namun kecintaan caya pada Fisika tidak pernah padam. (Cuma jadi males aja. Haha)

Berikut ini ada beberapa tips untuk belajar Fisika:

1. Detektif dan Kasus
Dalam mengerjakan sebuah soal Fisika, anggaplah bahwa dirimu adalah seorang detektif, dan soal itu adalah kasusnya. Mengapa? Kalau boleh diibaratkan, soal Fisika itu memang seperti sebuah kasus. Ada petunjuk dan ada jawaban dari kasus itu.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari petunjuk apa yang tersembunyi di kasus itu atau bahasa manusianya adalah “apa yang diketahui”. Bisa berupa petujuk eksplisit (tetulis dengan jelas) atau implisit (perlu pemikiran).

Setelah itu kita harus memutuskan apa yang harus dilakukan, atau dengan kata lain “apa sih yang ditanyakan”

setelah itu, kita harus mencari pelakunya alias jawabannya. Dalam mencari jawaban ini kita harus pintar-pintar memanipulasi petunjuk yang kita punya untuk menangkap si pelaku:
*Pertama, cari tahu rumus apa yang harus digunakan. Dalam mencari rumus ini, kita harus memilih sebuah rumus dimana dalam rumus itu ada hal-hal yang telah kita ketahui (langkah pertama).
*Kedua, manipulasi rumus itu agar kita bisa mendapatkan jawaban. Caranya bisa dibolak-balik atau diputar-putar. Terserah, yang penting jawabannya ketemu. Nah, ini adalah poin yang paling mengasikkan ketika logika kita harus digunakan.

setelah jawabannya ketemu, beraktinglah seperti seorang detektif yang berhasil menyelesaikan sebuah kasus. :B

2. Fisika adalah Game.
Apa yang kamu lakukan ketika bermain game? Pasti kamu akan ketagihan dan tidak mau berhenti. Dan apa yang kamu lakukan ketika menang? Kamu pasti akan melakukannya lagi, lagi, dan lagi. Selain menganggap sebuah soal sebagai sebuah kasus, kamu juga bisa menganggap bahwa sebuah soal adalah sebuah game. Tantanglah dirimu sendiri, apakah kamu bisamenyelesaiakn “game” itu?

3. komik
Hal yang membuat kita bosan belajar fisika adalah betapa “hampanya” textbook yang kita gunakan. Biasanya buku paket hanya terdiri dari tulisan-tulisan dan rumus-rumus dengan sedikit gambar. Sebenarnya belajar fisika akan menyenangkan jika kita menggunakan komik-komik dengan gambar-gambar yang lucu. Cara tersebut akan membuat kita lebih rileks dalam belajar, dan bahkan mengingatnya dalam jangka waktu yang lebih panjang. Sekarang sudah tersedia komik-komik Fisika (bisa dilihat disini)

4. Hubungkan dengan kehidupan sehari-hari
Mengapa kita sulit mengingat pelajaran fisika? Jawabannya adalah karena kita menganggap bahwa materi-materi itu adalah hal-hal abstrak sehingga sulituntuk membayangkannya. Sebenarnya fisika dekat sekali dengan kehidupan sehari-hari. Bahkan saat kita berjalan, mengikat tali sepatu, atau merebus air. Dalam kegiatan-kegiatan itu selalu terdapat prinsip-prinsip dasar Fisika.

5. memanaje waktu dengan baik.
Malam hari adalah saat dimana kamu cocok untuk melakukan kegiatan yang bersifat menghafal. Mengapa? Karena saat tidur, memori jangka pendek kita akan diubah ke memori jangka panjang. Sedang di pagi hari, saat pikiran kita masih fresh, gunakanlah untuk mengerjakan soal. Memang, kebanyakan orang akan menyarankan untuk melakukan kegiatan yang memeras otak (misalnya mengerjakan soal) di malam hari agar kita tidak mengantuk dan tertidur. Tapi, saat kita mengerjakan soal di malam hari, kita akan cenderung melakukan kesalahan lebih banyak daripada di pagi hari.

6. soal, soal, dan soal
Membayangkan soal fisika yang bertumpuk-tumpuk pasti akan membuat kita berkunang-kunang, pusing, atau mual-mual. Seburuk itukah? Tidak kok.. lakukan saja tips-tips di atas, maka soal akan terlihat agak lezat. Mengapa kita perlu berlatih mengerjakan soal-soal? Karena dengan soal itulah ingatan kita akan rumus dilatih. Dengan mengerjakan soal itulah kreatifitas kita dalam memaniulasi rumus akan dilatih.

Nah itu tadi sebagian kecil tips-tips dalam belajar fisika.. Semoga berguna untuk teman-teman yang agak kurang suka dengan Fisika. Fisika tu bukan pelajaran yang susah, bukan pelajaran yang menyebalkan. Fisika itu meyenangkan dan selezat kue....


6 komentar:

indah fauziyah mengatakan...

like this :)

Muamaroh Husnantiya mengatakan...

tenkyu,
filmnya lumayan lho..^^
tapi semacam serial si

adnan eka jati prasetya mengatakan...

thank you very much.. .

Muamaroh Husnantiya mengatakan...

sama-sama.. selamat mencoba ^^

Try Out Online mengatakan...

Bagus juga ini metodenya buat belajar adik saya.. terima kasih gan..

Ikuti Kompetisi Cerdas Cermat Online se-Jawa Timur 2

Try Out Online mengatakan...

Bagus juga ini metodenya buat belajar adik saya.. terima kasih gan..

Ikuti Kompetisi Cerdas Cermat Online se-Jawa Timur 2

Poskan Komentar

Tulis kritik, saran, ato komentar sesuka kamu^^