Perkembangan dunia internet rupanya turut mempengaruhi style
dalam dunia bisnis. Dulu mungkin perusahaan atau produsen hanya mengiklankan
produknya melalui radio, koran, atau televisi. Namun kini setelah dunia
advertisement merambah dunia maya, perusahaan pun mulai mengiklankan produknya
melalui website-website atau situs jejaring sosial seperti facebook dan twitter.
Dan tak tanggung-tanggung, dunia maya tak hanya menawarkan iklan atau publikasi
bagi produsen/merchant, namun juga diskon bagi pencinta produk dengan harga
miring.
"Kreatif". Itu kesan pertama ketika membuka diskon.com.
DISKON.com, sebuah website berbasis situs diskon yang
menawarkan
diskon dari berbagai merchant dengan potongan harga yang terbilang
fantastis. Tak hanya kuliner, namun juga berbagai macam usaha lain seperti
kecantikan, olah raga, hiburan, fashion, dan jasa. Tidak hanya memberikan
benefit bagi owner-nya, diskon.com juga memberikan benefit bagi merchant serta
customer. Dapat dikatakan bahwa Diskon.com menjadi "rumah" tempat bertemunya
merchant sebagai pemberi diskon dan para customer pencinta diskon.
POPULARITAS
Meski diskon.com bukan pioneer dalam usaha bidang sejenis,
namun gebrakan yang disajikan diskon.com patut dipertimbangkan. Dalam waktu
yang relatif singkat, nama diskon.com mulai dikenal dengan luas. Terbukti dari
jumlah barang diskon yang diberikan, jumlah follower twitter dan penggemar di
Facebook. Terhitung sejak Februari 2012 Diskon.com memulai kiprahnya dan hingga
saat ini sudah ada 44 barang diskon yang ditawarkan, sekitar 1780 follower
twitter, dan sekitar 2000 penggemar di Facebook.
Agaknya alamat url www.diskon.com yang mengandung kata "diskon" sangat tepat jika digunakan dalam bidang
situs diskon. Alamat url ini dapat bersaing dengan url-url dari situs penyedia diskon
lain. Terbukti ketika saya memasukkan kata “diskon” dengan mesin pencari
google, Diskon.com menempati halaman pertama walaupun bukan yang paling atas.
hasil pencarian di google dengan keyword "diskon" |
TAMPILAN WEB
Tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mengunduh halaman
diskon.com. Bahkan dengan koneksi modem saya yang seadanya pun, halaman
diskon.com dapat ter-loading dengan
sempurna hanya dalam beberapa saat saja. Begitu masuk, kita langsung disuguhkan
dengan visualisasi yang menggiurkan dari berbagai macam barang diskon.
Informasi yang disajikan pun cukup lengkap:
- harga awal
- harga setelah dipotong diskon,
- jumlah uang yang dihemat pembeli
- jumlah kupon terbeli, dan
- sisa waktu penawaran.
Tidak perlu meng-klik konten dan membuka di halaman baru (more
detail)untuk mengetahui detil diskon, karena di home pun semua sudah tersaji
dengan jelas.
Saya mencoba membandingkan tampilan diskon.com dengan situs berbasis diskon lain
tampilan diskon.com |
tampilan situs diskon lain |
tampilan situs diskon lain |
tampilan situs diskon lain |
tampilan situs diskon lain |
Dari screenshot
tersebut pengunjung dapat menilai mana yang lebih menarik dan eyecatching. Diskon.com hadir
dengan tampilan yang lebih menarik dan menawan dengan warna-warna yang cerah dibanding situs-situs yang lain.
Dari screenshot tersbut juga terlihat bahwa tampilan produk merchant pada diskon.com tersaji dalam gambar yang cukup lebar. Tampilan produk merchant yang cenderung besar dapat
menjadi kelebihan maupun kekurangan.
- Kelebihan: tampilan website jadi terlihat lebih menarik dan detil terlihat lebih jelas bagi pengunjung.
- Kekurangan: boros space sehingga pengunjung harus sering-sering menggunakan scroll untuk melihat keseluruhan halaman.
Jika dibandingkan dengan web lain, diskon.com juga masih
minim animasi flash dan belum terdapat slideshow konten. Hal ini menjadi kekurangan karena halaman terlihat kurang
dinamis.
Walau masih minim animasi bergerak, ada keunggulan lain yang dimiliki diskon.com. Rupanya tidak hanya dapat diakses via komputer, diskon.com
juga dapat diakses via mobile browser atau melalui handphone. Bahkan, terdapat
akun Facebook dan twitter yang akan memudahkan pelanggan untuk mendapatkan
informasi-informasi diskon terbaru.
KEMUDAHAN TRANSAKSI
Proses pembelian kupon dalam diskon.com simple, tidak ribet dan yang paling penting, tidak dikenai
biaya. Hanya dengan men-deal kupon barang yang diinginkan, kupon akan dikirim
via email dan sms. Selanjutnya tergantung ketentuan tiap merchant.
Langkah yang harus ditempuh bagi merchant yang ingin
mempromosikan produknya pun tergolong mudah. Selain itu juga terdapat panduan,
baik untuk customer maupun merchant pada menu “cara kerja” yang terdapat di home page.
Sayangnya Diskon.com baru menyediakan fasilitas kupon diskon
saja. Artinya belum ada benefit-benefit lain yang ditawarkan untuk customer seperti pemberian hadiah bagi
customer yang mencapai nominal pembelian tertenttu.
Cara untuk membeli voucher di diskon.com |
cara untuk menjadi partner diskon.com |
LAYANAN KEPADA CUSTOMER
Rupanya pelayanan diskon.com tidak main-main. Terbukti
dengan sigapnya layanan customer service menanggapi pertanyaan-pertanyaan
pengunjung web. Layanan tersebut dapat diakses di tombol "live suport" pada bagian
kiri halaman web.
live suppport (customer service) |
chat dengan customer service |
Iseng-iseng saya mencoba layanan tersebut, dan ternyata
semua pertanyaan-pertanyaan saya dijawab dengan ramah...
JANGKAUAN
Sayangnya lokasi merchant yang ditawarkan diskon.com masih
sangat terbatas. Hanya ada 7 kota besar yakni Yogyakarta, Jakarta, Semarang, Solo,
Surabaya, Bandung, dan Jakarta. Itu pun merchant terbanyak yang ditawarkan
masih dipegang oleh kota Yogyakarta, sedang untuk kota lain seperti Jakarta dan
Bandung hanya 1, sedang kota lain masih kosong. Hal tersebut karena mungkin
lokasi owner yang berada di Yogyakarta.
Hal ini patut disayangkan karena mungkin banyak customer di
daerah lain, termasuk di daerah luar Jawa yang menginginkan barang-barang diskon. Termasuk saya yang saat ini berdomisili sementara di Tangerang. Semoga untuk ke depannya, diskon.com dapat memperluas jangkauan
layanannya hingga ke daerah-daerah lain baik di Pulau jawa dan di luar Jawa :)
Jadi, bagi para pemburu wisata kuliner kuliner atau pemburu
barang-barang dengan harga miring, diskon.com adalah salah satu situs yang
layak dikunjungi
6 komentar:
reviewnya lengkap bro
Soalnya pengen nyoba bikin deep review nih..
U.U
sedikit cerita lagi nih,,
Suatu malam saya sempat panik karena artikel saya belum masuk juga di list daftar lomba padahal 3 hari telah berlalu sejak saya mengirimkan link artikel. Saya lantas menghubungi customer service. dengan sabar ia menjelaskan apa yang terjadi, ternyata ada kesalahan sistem sehingga email saya belum terdaftar di data base mereka. Namun saya salut, keesokan harinya saya dihubungi via telepon selular oleh pihak diskon.com untuk mengklarifikasikan masalah saya. Dan beberapa saat kemudian masalah teratasi.
Benar-benar prima dalam melayani customer :)
Salam kenal jugaa ^^
Hai, kamu sepertinya suka ikutan blog contest yah?
gimana kalo kamu mengasah kemampuan kamu sambil cari uang jajan di contest Blog CarMall.com?
lumayan loh hadiahnya sampe 12 juta totalnya, mumpung pesertanya masih sedikit nih, kesempatan menang kamu lebih besar. Ayo ikuti!
klik link ini yah CarMall.Com Contest
Ikut yah :D
Salam Blogger Indonesia, jika anda gemar menulis di blog serta memiliki waktu luang, ikutilah Blog Review Competition 2012 By Laku.com dengan Hadiah Total 16 juta Rupiah untuk 20 pemenang. Jadi kesempatan menangnya sangat besar lho.
Rincian Pemenang:
Pemenang I: Uang tunai Rp. 5.000.000
Pemenang II: Uang tunai Rp. 3.000.000
Pemenang III: Uang tunai Rp. 1.500.000
Pemenang 4-10: Uang tunai Rp. 500.000
Pemenang 11-20: Uang tunai Rp. 300.000
Silahkan daftarkan artikel blog anda di Blog Review Competition 2012 By Laku.com
Posting Komentar
Tulis kritik, saran, ato komentar sesuka kamu^^