Sample Text

Life is like a ferris wheel. Sometimes growin up to the sky, sometimes fallin to the ground. But no matter what happened, its always interesting to be enjoyed. Because life is never ending adventure

Rabu, 27 Juni 2012

Industri Perbankan, Berisiko Namun Menantang untuk Digeluti

Rabu, 27 Juni 2012

Pebisnis bukan hanya orang yang menguasai materi manajemen dan ekonomi. Pebisnis  adalah mereka yang berani mengambil resiko ketika orang lain terlalu takut untuk mencoba. Pebisnis adalah mereka yang terus mencoba ketika orang lain berhenti karena putus asa. Pebisnis adalah mereka yang mampu melihat dan memanfaatkan sebuah peluang walau hanya sebesar lubang jarum. Bisnis adalah tentang kecerdasan, pegetahuan, kegigihan, pengalaman, dan intuisi.

Group Bakrie adalah sebuah perusahaan keluarga yang bergerak di beberapa sektor strategis dan kini telah berkembang dengan sangat pesat. Sektor-sektor strategis tersebut antara lain sektor telekomunikasi dengan Bakrie Telecom, sektor pengolahan sumber daya alam dengan Bumi Resources, maupun media online dengan Vivanews.

Tujuh puluh tahun bukan merupakan kurun waktu yang singkat, namun prestasi Group Bakrie tak dapat dipandang sebelah mata. Manajemen yang dikelola dengan profesional dan rapi bersanding dengan keputusan-keputusan yang berani dan inovatif membuat Group Bakrie menjadi salah satu perusahaan raksasa di nusantara. Kinerja yang apik terlihat dari sepak terjang Group Bakrie dalam mengakuisisi perusahaan-perusahaan yang nyaris bangkrut dan merombaknya menjadi perusahaan yang cukup sukses. Sebut saja Lativi yang dulu hampir bangkrut karena terlilit hutang dan ber-rating rendah, namun setelah diakuisisi berubah menjadi TV One yang menjadi salah satu menjadi leader news station di Indonesia.

Mengakuisisi sebuah stasiun televisi swasta yang hampir bangkrut, siapa berani?
Klik untuk membaca lanjutannya

2 komentar

Rabu, 20 Juni 2012

CERT, CIRT, dan ID-SIRTII : Benteng Pertahanan Serangan Dunia Maya

Rabu, 20 Juni 2012
Tim CERT dan ID-SIRTII  layaknya seorang cyber warior
Perkembangan teknologi informasi, khususnya pada dunia siber tidak hanya menghasilkan hal-hal yang bersifat postif, namun tak ayal terkadang berdampak negatif. Seperti inovasi/penemuan teknologi yang lain, ketika diciptakan pastilah dimaksudkan untuk menyelesaikan atau mempermudah suatu masalah.  Namun seiring berjalannya waktu, seringkali ditemukan bahwa teknologi yang telah diciptakan tersebut melahirkan masalah yang lain. Atau seperti dalam ungkapan Technology solve the problem, but in other way create another problem (M.Ht-2012)” Salah satu hal negatif yang merupakan efek samping negatif dari perkembangan internet antara lain adalah kejahatan dunia siber atau, cybercrime. Seperti yang telah kita ketahui, cybercrime ini banyak macamnya, seberti pada postingan saya sebelumnya.

Sebagai upaya penanggulangan terhadap serangan-serangan di dunia maya ini, diperlukanlah sebuah lembaga keamanan yang bertugas menjadi benteng pertahanan. (Atau kalau di dunia nyata semacam TNI lah..)  Di dalam ranah information security atau keamanan informasi, dikenal istilah CERT dan C-SIRT. Selain itu di Indonesia terdapat sebuah organisasi yang membidangi dunia keamanan informasi yang dinamakan  ID-SIRTII.

Apakah yang dimaksud dengan CERT? Apapula yang dimaksud dengan CIRT (C-SIRT)? Lantas ID-SIRTII itu apa?

Klik untuk membaca lanjutannya

0 komentar

Minggu, 17 Juni 2012

Hacking VS Cracking, Hacker VS Cracker, Serupa Namun Tak Sama

Minggu, 17 Juni 2012
Perkembangan teknologi kerap kali menyuguhkan  kosakata baru yang terasa asing bagi kita. Mungkin karena memang kita belum pernah mendengarnya sama sekali, atau sebenarnya kita mengetahuinya namun merasa tidak tahu karena biasa disajikan dalam bahasa asing atau bahasa serapan. Kosa kata yang kerap kita temui antara lain cybercrime, digital signature, social engineering, hacker, dan cracker. Kali ini saya akan mencoba membahas mengenai hacker dan cracker. Apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan hacker dan cracker? Apakah sama atau berbeda? Jika berbeda, dimanakah letak perbedaannya?

Mungkin sebelum ini pembaca menyangka bahwa istilah hacking sama artinya dengan istilah cracking. Keduanya sama-sama jahat karena berusaha menyusup ke sistem orang lain dan berakibat buruk bagi si pemilik. Atau bahkan mungkin juga ada pembaca belum pernah mendengan istilah cracking. Seperti saya ketika masih duduk di bangku SMP, yang saya tahu hanyalah istilah hacker dan hacking saja. Dan memang, sepertinya istilah hacker lebih terkenal dan populer karena lebih sering digunakan di film-film.
Klik untuk membaca lanjutannya

8 komentar

Social Engineering, Celah yang Terbentuk dari Kelemahan Manusia

Perkembangan teknologi kerap kali menyuguhkan  kosakata baru yang terasa asing bagi kita. Mungkin karena memang kita belum pernah mendengarnya sama sekali, atau sebenarnya kita mengetahuinya namun merasa tidak tahu karena biasa disajikan dalam bahasa asing atau bahasa serapan. Kosa kata yang kerap kita temui antara lain cybercrime, digital signature, social engineering, hacker, dan cracker. Kali ini saya akan mencoba membahas mengenai social engineering. Apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan social engineering?

Kali ini berbeda dengan istilah-istilah sebelumnya yang bisa dipahami hanya dengan melihat arti harafiahnya saja seperti cybercrime dan digital signature, pengertian Social Engineering tidak dapat langsung diartikan begitu saja dari bahasa asalnya. Social Engineering, jika diartikan
Klik untuk membaca lanjutannya

2 komentar

Digital Signature, Bukan Sekedar Tanda Tangan yang Terdigitalisasi

Perkembangan teknologi kerap kali menyuguhkan  kosakata baru yang terasa asing bagi kita. Mungkin karena memang kita belum pernah mendengarnya sama sekali, atau sebenarnya kita mengetahuinya namun merasa tidak tahu karena biasa disajikan dalam bahasa asing atau bahasa serapan. Kosa kata yang kerap kita temui antara lain cybercrime, digital signature, social engineering, hacker, dan cracker. Kali ini saya akan mencoba membahas mengenai digital signature. Apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan digital signature?

Jika ditinjau dari segi bahasanya, digital signature pastilah merupakan sebuah frasa yang berasal dari bahasa Inggris. Jika diterjemahkan secara kata perkata, didapatlah istilah “tanda tangan digital”. Apakah itu berarti sebuah scan tanda tangan kita sehingga memiliki format JPG atau PNG dan kemudian bisa dicopy ke dokumen-dokumen kita? Ternyata bukan. Yang seperti itu dinamakan digitalized signature (tandatangan yang terdigitalisasi) . Lalu apa sih yang dimaksud dengan digital signature ini?

Klik untuk membaca lanjutannya

2 komentar

Tips Membaca Buku : Menandai Bacaan

Suka membaca buku?

Untuk kamu yang suka mbaca buku, pasti seneng banget kalau menemukan kata-kata indah, kata-kata bermakna, atau kata-kata yang ‘kamu banget’. Kalau udah gitu, pasti pengen lah kata-kata itu ditandai, dan mungkin di post di Facebook atau twitter. Mungkin juga kamu menemukan bagian-bagian penting, pengetahuan-pengetahuan baru yang belum pernah kamu ketahui sebelumnya. Pasti pengen kan, ditandain biar mudah kalau pengen dicari lagi.

Nah, gimana sih cara menandai buku yang benar, biar nggak ngerusak kertas, tapi juga eye catching sehingga mudah ditemukan? Nah ini dia ada beberapa tips dari saya, yang notabenya adalah seorang maniak buku dan selalu mencak-mencak kalau ada orang yang melipat lembaran kertas buku-buku saya..

Here we go...
Klik untuk membaca lanjutannya

0 komentar

Cybercrime, Digital Signature, Social Engineering, Hacker dan Cracker


Perkembangan teknologi kerap kali menyuguhkan kosakata baru yang terasa asing bagi kita. Mungkin karena memang kita belum pernah mendengarnya sama sekali, atau sebenarnya kita mengetahuinya namun merasa tidak tahu karena biasa disajikan dalam bahasa asing atau bahasa serapan. Kosa kata yang kerap kita temui antara lain cybercrime, digital signature, social engineering, hacker, dan cracker. Pada postingan kali ini saya akan membahas mengenai cybercrime. Apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan cybercrime?

Cybercrime jika diterjemahkan ke dalam
Klik untuk membaca lanjutannya

1 komentar